Cen Sui Lan Angota DPRI Ajukan Penambahan Jalan Nasional 700 Kilometer Untuk Kepri

 

 

Kepri.Ovumnews.com..Cen Sui Lan anggota komisi V DPRI menyerahkan surat permohonan penetapan surat keputusan penetapan jalan nasional di kepri kepada hedi rahardian, dirjen bina marga kementerian pupr saat rapat dengar pendapat di dpr, rabu

Urusan jalan di Kepri, Cen Sui Lan tak main-main.

Dia mengusulkan ke Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga agar menambah jalan nasional sepanjang 700 kilometer di Bumi Segantang Lada.

Dia juga mendorong agar pembangunan jalan di kabupaten/kota se-Kepri lebih banyak dari APBN sesuai usulan Pemprov.

Jubir Kepri di DPR itu mengungkapkan, berdasarkan data Ditjen Bina Marga per 2019, ruas jalan nasional di Kepri sepanjang 586,83 kilometer.

Terinci, jalan arteri primer sepanjang 196,93 kilometer dan jalan kolektor primer-1 sepanjang 389,90 kilometer.

Sedangkkan ruas jalan kabupaten/kota sepanjang 3.827,17 kilometer.

Hanya, lanjut anggota Fraksi Golkar di Panja RUU Jalan, itu menegaskan, jalan nasional di Kepri sebagian besar berada di Batam, Bintan dan Tanjungpinang.

‚ÄúMisalnya jalan lintas barat di Bintan,‚Ä̬†kata¬†Cen saat rapat dengan Kementerian PUPR, termasuk Dirjen Bina Marga, Rabu (1/9/2021) pekan lalu.

Sedangkan jalan tanggung jawab kabupaten/kota mencapai 3.827,17 kilometer.

Penambahan, menurut Cen, perlu biaya sangat besar. Sedangkan APBD kabupaten/kota terbatas, apalagi di masa COVID-19 refocusing penanganan pandemi.

Terkait situasi itu, Cen sui lan mengusulkan ke pusat melalui Kementerian PUPR agar sejumlah jalan kabupaten/kota ditingkatkan statusnya sebagai jalan nasional seperti usulan Pemprov dan Pemda se-Kepri.

Cen menegaskan usulan itu ke Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono dan Dirjen Bina Marga Hedi Rahardian. Dia juga meminta SK penetapan penambahan jalan nasional di Kepri itu.
Sehingga dana APBN melalui Ditjen Bina Marga dapat lebih banyak teralokasikan ke Kepri, seperti pembangunan ruas jalan baru nasional atau perawatan jalan nasional telah ada selama ini.Hs

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *