Acara Hut Deklerasi Lampung ke 35 di Aula UPTD DIklat Koperasi UMKM, Jalan Dr. Susilo.

 

Lampung Ovumnews.Com–Acara Hut Lampung 35 beserta Istri Gubernur Lampung, Aprilani Yustin Ficardo, pimpin peringatan HUT Dekranas ke-35 tahun 2015 sekaligus Rapat Koordinasi Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di Aula UPTD DIklat Koperasi UMKM, jalan Dr. Susilo. (03/03/2015)

Dalam acara ini Asisten Bidang Kesra, Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Kadis Parekraf, serta jajaran dekranasda se-provinsi Lampung, juga Finalis Puteri Indonesia 2015 asal Lampung Laras Maranatha.Rapat Koordinasinya sendiri membahas antara lain eksplorasi budaya yang ada di Lampung dan agenda Dekranasda selama tahun 2015.

Acara ini desainer kondang Indonesia Hengki Kawilarang, perancang busana para finalis Puteri Indonesia 2015 yang baru saja digelar di Jakarta. Saat diberi waktu untuk bicara, Hengki mengaku sangat terkejut dengan kekayaan budaya khususnya yang dimiliki oleh Lampung.

Selama ini kita tahunya hanya tapis dan sulam ususnya saja. Ternyata masih ada jenis kain yang ada di Lampung. Belum lagi detail-detailnya yang bisa kita angkat. Saya sebagai desainer berkwajiban untuk perkenalkan budaya Indonesia di dalam dan luar negeri. “, kata Hengki.

Era Globalisasi ini membuat kita lebih bersaing. Dalam persaingan kita harus bisa membuat produk yang bisa dibuat dengan cepat dan bisa dipasarkan secara luas”, lanjutnya.

Aprilani Yustin Ficardo menjelaskan, dirinya sebagai ketua Dekranasda saat berkenginan untuk lebih mengeksplorasi budaya-budaya yang ada di Lampung bekerjasama dengan Dekranasda kabupaten/kota se-Lampung.

Kalau perlu kita belajar dari daerah lain seperti Kalimantan Selatan yang memiliki indsutri batu yang terkenal. Kita adopsi ke budaya kita. Sehingga budaya kita bisa dikayakan dengan aksesori yang ada di Lampung, seperti batu dari Tanjung Bintang Lampung Selatan dan dari Way Kanan”, kata Aprilani Yustin .Ovn03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *