APBD 2015 Pessel Serahkan Ke Kemendagri dan Kemkeu RI

 

Pesisir,Ovumnews,com-– Pemkab Pesisir Selatan segera serahkan dokumen Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (Perda APBD) Pessel 2015 ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan RI. Setelah menjalani verifikasi oleh Pemprov Sumbar, dokumen APBD Pessel telah diperbaiki sebagaimana petunjuk Pemprov Sumbar.
Sekda Pessel Erizon Kamis kemaren (11/12) di Painan menyebutkan, Dokumen Perda APBD Pessel tahun 2015 merupakan dokumen urgen untuk penyerapan seluruh dana yang termaktub dalam dokumen tersebut satu tahun kedepan. Selain dokumen APBD Pemkab juga menyertakan sejumlah surat-surat yang mendampingi dokumen APBD.
“Penyusunan anggaran, pengajuan anggaran hingga pencairan anggaran yang termaktub di APBD harus mengikuti aturan main yang ada. Penyusunan APBD Kabupaten Pesisir Selatan mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 tahun 2014. Permendagri tersebut memuat aturan dan tata cara penyusunan anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2015,” katanya.
Menurut Erizon, ada tiga komponen utama yang digariskan dalam Permendagri tersebut untuk menyusun anggaran daerah. Dan APBD Pessel tahun 2015 sudah memenuhi ketiga komponen itu. “Pertama memuat soal target dan sumber pendapatan daerah. Dimana pendapatan Pessel di patok Rp1,3 triliun dengan sumber utama DAU, DAK, PAD dan lainnya,” katanya. Kedua menurut Erizon APBD Pessel memuat belanja daerah. Lalu ketiga memuat pembiayaan. Harus jelas ketiganya tertuang dalam dokumen APBD. Antara pendapatan dan belanja serta pembiayaan harus pula seimbang, sehingga nanti pembangunan dapat berjalan dengan baik.
Apabila belanja dan pembiayaan lebih besar dari pendapatan neraca keuangan akan mengalami persoalan. Kemudian terjadi devisit anggaran. Hal ini harus di antisipasi sejak awal dengan mengikuti Permendagri tentang anggaran belanja daerah. (Bkn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *