Awal Puasa Ramadan 1438 Hijriah , Sabtu 27 Mei 2017

 

Jakarta.Ovumnews.com– Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menggelar sidang isbat. Hasilnya, pemerintah menetapkan awal Ramadan 1438 Hijriah pada Sabtu 27 Mei 2017.

Di awal sidang isbat kami mendapat laporan setidaknya empat titik berhasil melihat hilal. Maka, seluruh peserta sidang bersepakat bahwa malam ini kita memasuki 1 Ramadan dan besok pagi Sabtu 27 Mei kita mengawali puasa Ramadan tahun ini,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kemenag, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Sidang isbat penentuan awal Ramadan ini dihadiri duta besar negara-negara sahabat, DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Hadir pula perwakilan Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Proses sidang dimulai pukul 17.00 WIB, diawali pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1438H. Sidangnya tertutup, sebagaimana isbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu.Ovn03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *