Bea Cukai Batam Gagalakan Ribuan Ponsel Seludupan

 

Batam.Ovumnews.com– Ribuan handphone (HP) di selundupan berbagai merek dan ratusan unit laptop di Pelabuhan Roro, Telaga Punggur, Batam digagalkan petugas Bea dan Cukai, Minggu (17/4/2016).Ribuan barang elektronik itu akan dibawa ke Pekanbaru dengan menggunakan mobil box milik ekspedisi PT Indah Logistik Cargo. Kini sopir dan mobil box BM 9425 TE beserta isinya telah diamankan Bea Cukai Batam, di Batuampar.

Dari keterangan yang didapat, mobil box yang dikemudikan Z ini akan menyeberang ke Tanjungbalai Karimun menuju Pekanbaru. Agar tidak ketahuan, puluhan pack yang berisi ratusan handphone (HP), laptop dan printer itu ditutupi dengan spring bed (kasur) dan barang rumah tangga lainnya untuk mengelabui petugas.

Seluruh barang yang ada dalam mobil sama sekali tidak sesuai manifes. Barang tersebut diambil dari sebuah gudang milik P di Botania, Batam Kota.Lebih kurang 1.000 unit HP dan 400 laptop bernilai miliaran rupiah akan dibawa ke Pekanbaru baru mengunakan kapal Roro,” kata seorang petugas yang enggan menyebutkan namanya, dikutip dari Haluan Kepri, Senin (18/4/2016).

Awalnya kata sumber, petugas nyaris kecolongan karena hanya melakukan pemeriksaan pada barang yang tertera dimanifes. Namun begitu diperiksa ternyata masih ada barang lainnya dalam truk di luar kardus tertulis alat rumah tangga.Begitu barang lain itu diperiksa ternyata berisi spare part mobil. Petugas kemudian melakukan pemeriksaan seluruh barang muatan mobil tersebut. Begitu diperiksa ditemukan 37 dus yang berisikan ratusan handphone dan laptop tersebut.

Seharusnya di pelabuhan tersebut mendapat pengawasan ketat karena diduga sering terjadi penyelundupan barang. Aksi penyelundupan ini diduga sudah terorganisir dengan baik. Sebab sudah sering ekspedisi tersebut membawa barang tetapi selalu lolos. Ini juga tidak terlepas dari bekingan oknum polisi yang bertugas di pelabuhan.Saat barang itu diamankan Bea Cukai, ternyata oknum yang diduga membekingi aksi penyelundupan itu kabur dengan alasan dipanggil Kapolsek,” ujar sumber tersebut.

Koordinator Bea Cukai Pelabuhan Telaga Punggur, R Kadir mengatakan, penggeledahan barang itu dilakukan sesuai perintah pimpinan. Sebab barang yang dibawa tidak tertera dalam manifest.Kata Kadir, seluruh barang saat ini sudah dibongkar dan diamankan di Kantor Bea Cukai khusus Batam dan akan dilakukan pengembangan lehih lanjut.

Sopir berinisila Z mengaku tidak tahu soal muatan barang akan dibawa ke Pekanbaru. Kami tidak mengetahui persis ada HP dan laptop karena dalam manifes tertera barang pindahan ,” ujarnya.Kepala Bea dan Cukai Batam, Nugroho mengatakan kasus ini masih diselidiki. Saat ini sopir mobil yang diamankan itu sedang dimintai keterangan.Ovn 03

One Response to Bea Cukai Batam Gagalakan Ribuan Ponsel Seludupan

  1. Very іteresting points you hаve remarked, regards for posting.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *