Bobroknya Proyek Jalan Nasional Sumbar TA 2015 Dua Bulan Siap Diaspal Hancur Diduga Akibar Lemahnya Pengawasan, Jalan Kubu Kerambil-Batusangkar (P.035 Pelaksana Ala .PT.Arpex Primadhamor.Milik Dinas Prasjal Sumbar.

 

Pariangan ,Ovumnews.Com.Begilah nasib jalan yang baru siap diaspal, sudah hancur berantakan. Hal tersebut diakibatkan lemahnya pengawasan. Menurut masyarakat sekitar, kontraktor pelaksana melaksanakan pekerjaan diduga kurangnya pemadatan untuk perluasan jalan sewaktu penimbunan awal di bahu jalan serta badan jalan.membuat hasil aspal yang baru dihamparkan retek-retak.menunggu kehancuran.

Hal tersebut terjadi pada ruas jalan menuju Batusangakar propinsi Sumatra Barat tepatnya di Lipek Pageh Kelok Pauh Pariangan Biaro Sebelum Simabur dari Kota padang Panjang. Dimana pekerjaan penimbunan dan pemadatan tanah yang dilakukan oleh kontraktor pelaksana terindikasi tidak sesuai spesifikasi teknis dan dokumen bestek. Bahkan, kuat dugaan base (pondasi/dasar) dari jalan tersebut kurang padat, sehingga menimbulkan penurunan jalan yang juga berakibat kepada keretakan dan hancurnya jalan yang sudah diaspal. tentunya akan mempengaruhi suhu aspal yang akan di hampar.

Proyek milik Dinas Prasarana Jalan,Tata Ruang dan Permukiman Prov. Sumbar Paket Peningkatan Jalan Kubu Kerambil-Batusangkar (P.035 dengan nilai proyek Rp 9.034.250.000,00 tahun 2015.

Ironisnya, pengawas yang ditunjuk malah terkesan merestui hasil pekerjaan yang dikerjakan oleh kontaktor pelaksana tampa memikirkan dampak/akibat dari pekerjaan yang terindikasi tidak sesuai spesifikasi teknis tersebut. Bahkan, kondisi saat ini bukan aspal saja yang hancur tapi sudah menyisakan retak merengkah jalan mau potong, mengundang kecelakaan bagi pengendara kendaraan yang melintasi daerah itu di lokasi jalan ada jurang yang tajam serta bengkolan tajam,kalau tidak diperbiki secepatnya akan menibulkan kecelakaan bagi penguna jalan.

Seperti yang dituturkan oleh Mak Aggah 20/02 yang hendak pergi keladang , mengatakan, bahwa jalan ini baru diaspal bulan Desember kemaren tahun 2015,yang nota bene adalah jalan nasional Lintas Kabupaten, baru sekitar dua bulan berjalan dilakukan pengaspalan dalam rangka pelebaran jalan.

Namun, dalam beberapa bulan ini, pada badan jalan tersebut sudah mengalami kerusakan
seperti, Aspalnya retak diduga dalam pelaksanaan pelebaran timbunan kurang padat diduga telah mengurangi volume diduga direstui pegawas .juga terlihat batu miring yang dipasang untuk penahan badan jalan tersebut juga retak-retak dititik depan pohon.

Dikovirmasikan kepada kabid.Indra yaya 24/02 lewat pesan singkat tidak ada jawabanya.

Juga dikomvirmasikan kepada kadis Dinas Prasjal Suprapto lewat pesat singkat,1/03 mengatakan jalan yang hancur tersebut sepenuhnya tangung jawab kontraktor,karena jalan itu masih dalam masa pemeliharaan.

Awalluddin Aktipis LSM Ampera Indonesia.Mengatakan dengan tegas 22/02 hancurnya jalan Nasional baru dua bulan siap dikerjakan sangat disesalkan pelaksana mengerjakan proyek nilai belasan milyar ,Milik Dinas Prasjal dan Tarkim Sumbar hancur dalam masa pemeliharaan.

Wajarlah proyek yang jauh dari jangkauan masyarakat banyak pelaksana dan pemilik bermain mata demi mengerogoti uang Negara demi mecari keuntungan ,diduga dinas selaku pemilik telah menerima proyek yang diduga kuat tidak sesuai spek ,baru siap diterima proyek hancur begini rupa.

Dilihat dari hasil pekerjaan pelaksana untuk penimbunan diduga telah dimainkan tidak padat, demi mencari keuntungan tampa mengutamakan kualitas proyek yang sesuai dengan umurnya.kalau tidak bisa diperbiki ya bongkar saja dibangun kembali.

Ditmbahkan oleh awaluddin ayub , kita minta segera aparat penegak hukum dari Kejaksaan untuk segera memeriksa Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Kontraktor pelaksana pada pekerjaan tersebut.

Kalau memang ditemukan indikasi kecurangan yang berpotensi merugikan keuangan negara tentunya para jaksa lebih mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan. Sehingga mereka yang terlibat bisa mempertanggung jawabkan perbuatannya di depan hukum.ovn.Hasmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *