Bupati Adi Gunawan Tandaskan “Pemuda Siapkan Dirimu Menghadapi Era Mea”

 

Dharmasraya, Ovumnews.Com-– Pemuda siapkan dirimu menghadapi era Masyrakat Ekonomi Asean ( MEA ), demikian dikatakan oleh Bupati Dharmasraya Ir. H. Adi Gunawan, MM. dalam sambutannya pada saat membuka secara resmi pelatihan Pemuda Produktif bagi pemuda nagari se Kabupaten Dharmasraya di Hotel Grand Malindo Bikittinggi belum lama ini
Dikatakan oleh Adi Gunawan era MEA itu salah satu intinya adalah tidak adanya lagi sekat dan batas dalam perhubungan antara semua negara-negara di kawasan Asia yang menimbulkan terjadinya persaingan yang sangat ketat dalam dunia kerja dan dunia perdagangan, dimana para warga negara Asing di Asia akan bebas saja tidak ada larangan berdagang dan menjadi tenaga kerja di Indonesia, hal itu akan menjadi tantangan bagi pemuda Indonesia untuk bersaing dengan warga negara Asia tersebut.
Persaingan ketat yang akan terjadi itu adalah dalam hal kwalitas dan harga, dimana akan bersainglah produksi barang-barang di Asia ini yang berkwalitas tetapi harga lebh murah, begitu juga persaingan dunia tenaga kerja upah murah namun hasil kerja memiliki nilai yang lebih, oleh karenanya para pemuda saat ini harus segera mempersiapkan diri menghadapi persaingan bebas di Kawasan Asia tersebut antara lain melalui peningkatan kwalitas diri meliputi kwalitas ilmu, Integritas dan displin diri.
Dibahagian lain dari sambutannya Bupati Adi Gunawan menyampaikan bahwa Era MEA bukanlah hanya berisikan tantangan tatapi adalah juga sekaligus merupakan peluang bagi generasi muda, tantangan untuk dihadapi dengan kepala tegak dan penuh kepercayaan diri, dan peluang untuk di manfaatkan dengan menggunakan sebesar-besarnya peluang yang ada itu guna peningkatan kesejahteraan keluarganya.
Sebelumnya Adiko Jumarel, S.Pd. Kepala bidang Kesiswaan Pemuda dan olah raga (Kesispop) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga (Dispora) Kabupaten Dharmasraya dalam laporannya menyampaikan Pelatihan Pemuda Produktif bagi Pemuda Nagari Se Kabupaten Dharmasraya yang didikuti oleh 60 orang pemuda kreatif utusan nagari dan organisasi pemuda  di hotel Grand Malindo Bukittingi tersebut bertujuan untuk pertama memberikan pengetahuan kepada pemuda mengenai manajemen yang baik dalam bidang usaha yang digeluti, kedua memberikan pengetahuan kepada pemuda mengenai pengelolaan demokrasi, ketiga mendapatkan bahan masukan berkenaan dengan usaha strategis, dan keempat menggali potensi diri pemuda dalam upaya meningkatkan kesejahteraan menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
Pada pelatihan yang berlangsung selama 3 hari tersebut disampaikan meteri pelatihan yang meliputi Kewira usahaan pemuda oleh Sutadi, S.Pd. Plt Kadis Dikpora Kabupaten Dharmasraya, Manajeman kegiatan produktif oleh Drs. Edi Alperi (Disdikpora), Pemuda Sukses Dunia, mulia dihadapan sang pencipta oleh Ir. Yusuf Ketua Yayasan pendidikan Islam Andalas Cendikia Dharmasraya, Menumbuhkan juwa entrepreneurship Muda oleh Kadis Pora Provinsi Sumbar, Pemuda sebagai Garda terdepan dalam memajukan bangsa oleh Ketua KNPI Sumbar, Tehnik membuat proposal dan peluang bantuan pemerintahan oleh Kabid POP Disdikpora, Manajemen kegiatan pemuda produktif oleh Indra Fredi, S.Pd.MM. dan Bisnis dan menajemen oleh Rustian, S.Pd.
Hasil yang diharapkan dari pelaksanan pelatihan ini adalah agar para peserta pelatihan memiliki pengetahuan untuk dapat menerapkan manajemen yang baik dalam bidang usahanya, meningkatkan perekonomian pemuda dengan pengembangan manajemen pemasaran, sehingga produk yang dihasilkan dapat dikenal oleh masyarakat, tambah Andiko Jumarel yang juga aktivis pemuda Kabupaten Dharmasraya ini.
Seusai membuka secara resmi pelatihan pemuda produktif ini Bupati Dharmasraya yang didampingi oleh Staf ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Syahril, SH. ini juga menyediakan waktu dan kesempatan untuk berdialog dan bertanya jawab dengan peserta pelatihan yang berlangsung dalam suasana penuh keakraban dan kekeluargaan. Hms/01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *