Bupati Ali Mukhni didampingi Kadisdukcapil M. Fadhly tinjau fasilitas percetakan KTP ELektronik di Dinas Dukcapil, Pariaman, beberapa waktu lalu. Siswa Umur 17 Tahun Wajib Memperoleh KTP

 

Pariaman. Ovumnews.com– Apresiasi Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang terus berinovasi dalam percepatan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Mulai dari pengurusan KTP elektronik, akte kelahiran, mutasi penduduk maupun kartu keluarga dengan memanfaatkan teknologi informasi. Bupati Ali Mukhni menyampaikan waktu usia rapat staf di rumah dinasnya, Pariaman, Selasa (4/3). “Kita memotivasi disdukcapil terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Saat ini saya nilai pelayanan sudah baik, kedepan agar menjadi lebih baik lagi” kata Bupati Ali Mukhni yang meraih penghargaan nasional perekaman KTP Elektronik tercepat beberapa tahun yang lalu.

Ditambahkannya bahwa sejak dua tahun lalu telah dibentuk Unit Layanan Dukcapil di Sungai Limau agar masyarakat yang berada di wilayah utara yaitu Sungai Limau, Sungai Geringging, Batang Gasan, IV Koto Aur Malintang yang bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat. “Saya banyak menerima sms dan respon positif dari masyarakat adanya unit layanan di Sungai Limau yang melayani masyarakat khususnya wilayah utara” kata Alumni Harvard Kennedy School di Amerika Serikat itu.

Sementara itu Kadisdukcapil M. Fadhly mengatakan bahwa kepemilikan KTP Elektronik bagi masyarakat Padang Pariaman terus meningkat selama tahun 2015. Dijelaskannya bahwa sebanyak 244.000 lebih masyarakat telah melakukan perekaman KTP Elektronik dan sebagian besar telah mendapatkan KTP tersebut. Saat ini Disdukcapil fokus untuk menyelesaikan KTP Elektronik bagi penduduk yang belum mendapatkan. “Alhamdulillah, Dinas Dukcapil terus lakukan pencetakan KTP Elektronik bagi masyarakat yang belum memperoleh fisik KTP Elektronik,” kata Mantan Kabag Humas itu.

Salah satu inovasi yang dilakukan Disdukcapil dalam peningkatan kepemilikan KTP Elektronik bagi masyarakat yaitu ia bersama jajaran membuka layanan pada hari Sabtu, khusus siswa/siswi yang wajib memperoleh KTP. Ia berasalan kebutuhan e-KTP bagi pemula sangat penting, terutama siswa siswi SLTA untuk keperluan melanjutkan pendidikan. Kepemilikan e –KTP bagi pemula juga dimaksudkan untuk kesiapan penduduk yang mempunyai hak pilih pada Pilkada mendatang. Oleh karenanya, ia membuka layanan khusus bagi Siswa-siswa yang dijadwalkan bersama dengan Kepala Sekolah terkait, untuk melakukan perekaman dan atau pencetakan KTP Elektronik bagi siswa siswi yang berusia 17 tahun/wajib memiliki KTP. “Sesuai arah Bapak Bupati, Layanan hari Sabtu khusus dibuka untuk pengurusan e-KTP bagi pemula. SMA Nan Sabaris telah kita lakukan pada Sabtu lalu, pada minggu depan direncanakan SLTA yang lain”, ujar Jebolan STPDN Angkatan VI itu.

Pada kesempatan itu ia juga menghimbau kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman agar segera datang ke kantor Disdukcapil. Ia berharap para Camat dan Walinagari juga pro aktif dalam mensosialisasikan pentingnya kelengkapan administrasi kependudukan” Kata Kadis yang juga Peringkat I Diklatpim Tk. II tahun 2012 di Bandung itu. Ditambahkannya bahwa Disdukcapil Padangpariaman saat ini sedang membenahi pelayanan dan prosedurnya, termasuk pelayanan e-KTP diatas yang diupayakan selesai 1 hari.Ovn 03

iklan- 02

One Response to Bupati Ali Mukhni didampingi Kadisdukcapil M. Fadhly tinjau fasilitas percetakan KTP ELektronik di Dinas Dukcapil, Pariaman, beberapa waktu lalu. Siswa Umur 17 Tahun Wajib Memperoleh KTP

  1. This is my first time go to see at here and i am actually pleassant to read
    all at single place.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *