Bupati Irfendi Arbi Nara Sumber ICST ‘Jual’ Kehebatan Lembah Harau ke Mancanegara

 

Limapuluh kota .Ovumnews.com– Menjadi salah satu pemenang terbaik pengelola destinasi pariwisata pada Indonesia Sustainabale Tourism Award (ISTA) 2017 berapa waktu lalu. Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi diundang secara khusus menjadi nara sumber pada acara International Conference Sustainable on Tourism (ICST) di Hotel Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta, baru-baru ini.

Acara ini dihadiri, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menparsenibud 1998-1999 Marzuki Oesman, Menbudpar 2001-2004 I Gde Ardhika, Menparekraf 2011-2014 Mari Elka Pangestu.

Selanjutnya, pembicara kelas internasional, diantaranya Dirk Glaesser (Director for Sustainable Development of Tourism UNWTO), Prof. Chris Cooper (Department of Business and Management, Oxford Brookes University, UK), Randy Durband (GSTC Chief Executive Officer), Mari Elka Pangestu (President of United in Diversity), dan Hermawan Kertajaya (Founder and Chairman of MarkPlus Inc.), wisatawan mancanegara, pengelola wisata lokal, dan penggiat wisata seluruh dunia, beserta ratusan undangan lainnya.

Disini, seluruh peserta menyaksikan bagaimana keindahan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya objek wisata Lembah Harau. Termasuk, strategi rencana agenda dan rencana aksi untuk percepatan penerapan pariwisata berkelanjutan di kabupaten itu.

Dalam paparannya, Irfendi Arbi menuturkan, bahwa Limapuluh Kota merupakan Kabupaten yang memiliki banyak wisata alam yang bisa dinikmati.
“Wisata alam di Kabupaten kita jika dijabarkan cukup banyak. Namun yang paling populer di kalangan masyarakat atau wisatawan itu adalah wisata alam Lembah Harau. Keindahannya, tak kalah indah dari Grand Canyon nya Amerika,”ujar Irfendi memulai pembicaran.

Di Lembah Harau ini, kita nantinya akan bisa melihat bagaimana air terjun yang indah pada tebing-tebing, di tambah pesona perbukitan dan hamparan sawah yang sejuk. “Selain menikmati pemandangan alam, juga bisa menguji adrenalin dengan memanjat tebing-tebing disana,”tambahnya.

Saat ini, katanya Lembah Harau semakin dilirik wisatawan, banyak wisatawan yang berdatangan dari berbagai daerah termasuk wisatawan mancanegara.
Ketika ditanya, bagaimana langkah pemkab menjadikan objek wisata di kabupaten itu dilirik wisatawan lokal dan mancanegara saat ini, Irfendi Arbi menuturkan akan terus mengembangkan potensi wisata di daerahnya.

“Kita akan terus, mengembangkan sejumlah objek wisata andalan, bahkan setiap bulannya, menggelar rangkaian festival, dengan mempromosikan banyak daya tarik wisata alam, budaya, seni tradisi, kuliner dan adat budaya yang masih terpelihara. Tekad, kita sesuai dengan slogan yang ada, bagaimana terus berjuang menjadi wisata andalan di Indonesia dan menjadikan Lembah Harau mendunia, “sebutnya disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Selain Lembah Harau, katanya Limapuluh Kota juga memiliki objek wisata yang tak kalah indahnya. Diantaranya, Fly Over Kelok 9, Padang Mengatas beserta bebeberapa objek wisata lainnya.

Sementara itu, sejumlah wisatawan mancanegara dan lokal mengaku, sangat tertarik mengunjungi objek wisata-wisata disana. “Lembah Harau indah, kelihatan alamnya masih terjaga, kita ingin sekali datang ke Lembah Harau, ” ujar Roberto tourist Australia didampingi Mario Blanco, painter, photographer dan Presiden Director of Blanco Museum.

Senada juga diungkapkan, Riska Nanda, yang mengaku telah megatahui keindahan Lembah Harau.”Kami mendapat kabar lewat media sosial banyak objek wisata yang indah dan menarik di Sumbar, apalagi Lembah Harau indah dan eksotis. Ini wisata alam yang wajib untuk dinikmati. Rencana bulan depan kami beserta mahasiswa lainnya akan datang berlibur kesana,”ujar Mahasiswa UGM bidang pariwisata ini. rat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *