Bupati Tanah Datar H, Irdinansyah Tarmizi Buka Sosialisasi Program Raskin/Rastra

 

Tanah Datar, Ovumnews.com–Bupati Tanah Datar, H. Irdinansyah Tarmizi, Kamis (3/3) membuka secara resmi acara Sosialisasi Program Raskin/Rastra Tahun 2016 dan Launching Penyerahan Raskin/Rastra Tahun 2016, di Aula Kantor Bupati Tanah Datar.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Sekda Kabupaten Tanah Datar, H. Hardiman, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Helfy Rahmy Harun, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tanah Datar, Sri Lestari, Kepala Bulog Solok, Kepala BPS Tanah Datar, Camat se-Kabupaten Tanah Datar dan Wali Nagari se-Kabupaten Tanah Datar.

Kadinsosnaker Kabupaten Tanah Datar, Sri Lestari dalam laporannya mengatakan bahwa sebelumnya untuk penyaluran beras raskin/rastra ini dilakukan oleh Bagian Perekonomian dan baru pada tahun 2016 ini penanggung jawab pendistribusiannya dipindahkan ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, untuk itu dalam pelaksanaannya kami telah menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari dasar hukum sampai pada berkoordinasi kepada instansi terkait serta mempedomani apa yang telah terlaksana selama ini.

Dalam acara tersebut Bupati, H. Irdinansyah Tarmizi menyampaikan bahwa program Raskin/Rastra ini merupakan implementasi dari Inpres Nomor 3 tahun 2012 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras Oleh Pemerintah.

Presiden menginstruksikan kepada Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah non Kementrian tertentu serta Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia untuk melakukan upaya peningkatan pendapatan petani, ketahanan pangan, pengembangan ekonomi perdesaan dan stabilitas ekonomi nasional.

Secara khusus kepada Perum Bulog diinstruksikan untuk menyediakan dan menyalurkan beras bersubsidi bagi kelompok masyarakat berpendapatan rendah. Semua ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran para Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok, selain itu juga untuk meningkatkan akses masyarakat berpendapatan rendah dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokok sebagai salah satu hak dasarnya.

Dalam hal ini Pemda mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan program ini sesuai tugas dan fungsi yang diberikan, sementara Pemerintah Pusat berperan dalam membuat kebijakan, sedangkan pelaksanaannya sangat tergantung pada Pemerintah Daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut peran Pemerintah Daerah sangatlah dalam meningkatkan efektifitas pelaksanaan program ini. Sukses program ini tentunya juga sangat tergantung dengan data yang diberikan oleh BPS, untuk itu kita berharap data yang diberikan oleh BPS tidak menimbulkan perdebatan. Sekalipun demikian kita juga perlu menyadari bahwa kemiskinan bersifat dinamis dan relatif, ungkap Irdinansyah.

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program Raskin/Rastra di Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2015 yang lalu masih terdapat berbagai permasalahan, di antaranya adanya data penerima yang masih diragukan kevalidannya, kualitas beras masih di bawah standar atau kurang bagus, serta jumlah timbangannya yang tidak sesuai. Untuk itu pada tahun 2016 ini Irdinasyah mengharapkan agar permasalahan – permasalahan tersebut tidak terjadi lagi.

Sosialisasi ini juga diharapkan informasi tentang program raskin/rastra ini dapat diketahui oleh semua pihak yang terkait, dan saya minta sosialisasi ini dapat dilakukan secara berjenjang mulai dari tim kecamatan sampai nagari, agar seluruh elemen masyarakat dapat memahami program ini. (Hms/ovn03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *