Gubernur Provinsi Riau H.Arsy Adjuliandi Rachman Dukung RIAU MEA EXPO 2016

 

Pekanbaru.Ovumnews.com–Telah diberlakukannya Asean Economic Community (AEC), atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir tahun 2015 di wilayah Negara ASEAN, maka akan menyebabkan terjadinya pembentukan pasar tunggal (single market) sehingga memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa mereka kepada negara negara lain yang masih dalam lingkup Asia Tenggara dengan mudah tanpa menerapkan bea masuk (Free Trade Area).

Bertitik tolak basis produksi yang digalakkan ini menjadi arus barang, jasa, investasi dan tenaga terampil serta aliran modal pun lebih mudah dan bebas keluar masuk kesuatu negara, adanya MEA ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing negara negara ASEAN dikancah internasional. Selian itu, dapat menciptakan ekonomi di wilayah ASEAN.

Dalam rangka persiapan persaingan global terutama Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tersebut Kamar Dagang dan Industri Provinsi Riau, melalui ekspose Ketua Umum, Juni Ardianto Rachman, yang menggandeng mitra PT. Atiro Luki Mediatama, sebuah perusahaan Event Organizer, alamat Jalan Pengadegan Barat Raya No.14 Jakarta Selatan yang telah teruji melaksanakan berbagai ivent berskala Nasional serta Internasional, akan dilaksanakan RIAU MEA EXPO 2016, pada tanggal 24- 27 November 2016, demikian paparnya juga diadampingi Koordinator acara, Wisma Helmizardi baru- baru ini di Pekanbaru.

Adapun akan digelarnya RIAU MEA EXPO 2016 itu, bertempat di Arena Purna MTQ Pekanbaru dan Hotel Labersa Kampar Riau, dengan acara bertema, Pameran Berbagai Bidang, Bisnis & Investment Forum, Asean Forum, Updates from Region, One on One Meeting, Etnis Festival, Pergelaran Seni Budaya dan Hiburan itu mendapat respon positif dari Pemerintahan Provinsi Riau.

Dukungan serta respon positif dari Gubernur Riau, H. Arsy Adjuliandi Rachman, atas ide cemerlang yang digagas KADIN Provinsi Riau tersebut tertuang dalam suratnya No. 570/BPMPD/16.11, tanggal 14 Juni 2016 tentang himbauan kepada para pelaku bisnis agar berpartisipasi memanfaatkan moment tersebut atas kegiatan RIAU MEA EXPO 2016, Kamis s/d Minggu, 24- 27 November 2016 yang akan dilaksanakan di Lapangan Purna MTQ Pekanbaru, ujar gubernur.

Dipaparkan gubernur, bahwa pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada hakekatnya merupakan perwujudan Visi ASEAN 2020 untuk menciptakan kawasan ASEAN yang stabil, makmur, berdaya saing tinggi, mempercepat liberalisasi perdagangan di bidang jasa, meningkatkan pergerakan tenaga kerja profesional dan jasa lainnya secara bebas di kawasan ASEAN.

Terkait hal tersebut menyebabkan terjadinya pasar tunggal sehingga memungkinkan suatu Negara menjual barang dan jasa kepada Negara lain di kawasan ASEAN dengan mudah tanpa menerapkan bea masuk, pemerintahan Provinsi Riau sangat mengapresiasi di selenggarakannya RIAU MEA EXPO 2016 dengan kegiatan- kegiatan Pameran di berbagai bidang, Bisnis dan Invesment Forum, ASEAN Forum, Update from Region, One on One Meteting, Etnis Festival, Pergelaran Seni Budaya yang sarat dimiliki Provinsi Riau, demikian ujar gubernur. (Ratlis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *