Hancur Berantakan Dalam Masa Pemeliharaan Proyek Pavin Block Rusunawa Tanjung Uncang Dibelakang Perumahan Panindo Batuaji Batam Tahun Angaran 2013

 

Batam, OvumNews.Com–Meski sekarang eranya transparan, namun dipekerjaan diproyek pemasangan Pavin Block sekeliling lingkungan halaman Rusunawa Tanjung Uncang belakang perumahan TPI Panindo Batuaji Kota Batam Propinsi Kepri dengan nilai Milyaran rupiah. Alhasil,masyarakat sekitar mempertanyakan mutu dan kualitas pekerjaan !
Setiap pekerjaan mengpergunakan keuangangan negara sudah barang tentu penuh perhitungan dan sistim pelaksanaan yang jelas Bahkan perencanaan telah disiapkan pengawas serta kontraktor pelaksana agar proyek yang dikerjakan bermutu bagus dan dapat dimampaatkan masyarakat dalam waktu yang lama.
Pasalnya, sumber dana untuk pekerjaan itupun tak lepas dari partisipasi masyarakat dalam membayar pajak, Kadar setiap pekerjaan proyek yang dilaksanakan oleh pemerintah yang memakai jasa pihak ketiga,selalu mendapat kritikan dari berbagai kalangan.
Terlihat banyaknya pihak ketiga yang mengerjakan tidak sesuai spesifikasi yang telah direncanakan dari semula oleh perencana.
Bahkan bagusnya sebuah mutu pekerjaan proyek, pengawas juga punya andil yang besar dalam mengawasi pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana.
Tapi apa jadinya,kalau pengawas yang mengizinkan melaksanakang dan pekerjaan tidak maksimal ? sudah barang tentu hasil pekerjaan yang dilaksanakan juga diragukan mutu dan kualitas.
Pada hal dalam pekerjaan (perusahaan) akan tunduk kepada pedoman pengadaan barang /jasa untuk melaksakan pembangunan Negara dengan baik dan penuh tangung jawab dengan memenuhi ketentuan yang berlaku serta mengacu pada pepres 54 tahun 2010.
Pasalnya pekerjaan proyek yang berlokasi jauh dari permukiman warga tak urung membuka peluang pihak kontraktor berbuat nekat melabrak bestek yang ada dalam kontrak kerja, bahkan proyek yang tidak terpantau masyarakat tersebut terindikasi kuat ada kongkalingkong pelaksana dengan pengawas.
Dan,dengan memaikan volume pekerjaan menjadi ladang untuk meraut keuntungan besar,termasuk proyek pemasangan Pavin Block yang berada di halaman Rusunawa Tanjung Uncang belakang perumahan TPI Panindo Batuaji Kota Batam Propinsi Kepri.
Rusunawa sejak dibangun sampai saat sekarang diduga belum diserah terimakan oleh dinas terkait, masih dalam pekerjaan pematangan halaman serta jalan disekitar lokasi Rusun tersebut.
Telusuran media ini,paket pekerjaan pemasangan Pavin Block jalan dihalaman rusun nawa tersebut dikerjakan bulan Agustus dan September 2013 ,dari pengamatan dilapangan 10/05/2014 kondisi pasangan Pavin Block tersebut sangat memperhatinkan.
Lihat saja setiap pemasangan Pavin Block sepanjang lokasi Rusun dengan luas enam blok tersebut pemasangan Pavin Block sudah turun setiap titik yang dipasang, dan bergelombang, dikala hujan datang genangan air diberapa titik.
Bagian pingiran batas saluran antara jalan dan parit pemasangan Pavin Block tersebut telah banyak menimbulkan lobang menunggu kehancuran yang begitu panjang ,sepanjang jalan yang telah dipasang Pavin Block , bagian tengah halaman serta bundaran taman ikut hancur tanahnya turun semua.
Bobroknya dari hasil pekerjaan pelasana dalam mengerjakan serta lemahnya pe ngawasan dari dinas terkait serta dugaan tidak lepas dari dinas tata Kota Batam melakukan pengawasan tentang adanya proyek jalan sekitar lokasi rusun tersebut yang kini hancur berantakan.
Proyek sekarang dalam kondisi hancur turun ada 50% ,tanah turun ,menimbulkan Pavin Block yang dipasang turun ,diduga akibat timbunan tidak dipadatkan sesuai dengan kontrak yang ada, waktu pekerjaan awal sebelum pemasangan Pavin Block dipasang dan dugaan lemanya pengawasan dilapang waktu melaksanakan proyek tersebut.
Proyek yang dikerjakan terlihat dari hasil pelaksana waktu pekerjaan membuat sebagian teras tempat gardu listrik/ Bak Kontrol air / hancur bagian terasnya yang tidak diperbaiki seperti awalnya, sekarang kondisi hancur.
Bagian pagar samping rusun tersebut tanahnya turun dan pondasi penanaman tiang pagar tersebut patah.
Menurut masyarakat sekitar proyek, mengatakan dulunya pekerjaan juga dihari hujan kurangnya pemadatan untuk pemasangan Pavin Block tersebut.ada juga menurut informasi waktu proyek itu dipasang oleh pelaksana, sudah ada keterlambatan dalam waktu pekerjaanya.
Keluhan dari pekerja sebelum pemasangan Pavin Block dipingir rusun bagian saluran yang dipasang oleh dinas tata kota membuat terhalang, pelaksana pekerja pemasangan Pavin Block akibat tanah timbunan dari pengalian parit samping rusun ditimbun kelokasi pemasangan Pavin Block yang akan dipasang masalah buat pelaksana waktu itu bulan September 2013.
Tentu sekarang masih dalam masa pemeliharaan pelaksana, kalau dinas terkait menerima dengan begini hasilnya diduga ada kongkalingkong dalam pelaksanaan proyek ini dengan kelihatan sakarang hasil proyek berantakan.
Buruknya mutu dan kualitas pekerjaan proyek dihalaman Rusunawa Tanjung Uncang Batuaji Batam tersebut ,Menui tangapan dari Irwanysah ketua LSM Liram Lingkar Informasi Rakyat Madani Propinsi Kepri, katanya adanya indikasi penyimpangan dalam pelaksanaan pembangunan yang didanai uang rakyat itu,tidak terkecuali indikasi penyimpangan yang terjadi pada pekerjaan pembangunan pemasangan Pavin Block yang berada diRusun Tanjung Uncang Batuaji ini tahun2013.tentu tidak lepas dari pengawasan dinas tata kota Batam saat sekarang ini.
Makanya ia meminta aparat penegak hukum negri ini menyikapinya,Sebab, jika indikasi penyimpangan tersebut tidak disikapi,tentu masyarakat Batam dan sekitarnya,tidak akan merasakan manfaatnya, ujung-ujungnya Pemerintah yang bakal dihujat,” katanya. Hasmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *