Ilmu Pengetahuan Tehnologi Harus Dibarengi Dengan Seni Budaya

 

Sijunjung,Ovumnews.–Ilmu pengetahuan dan tehnologi, harus dibarengi dengan seni budaya dan kekuatan moral yang didasari agama yang kuat. Jika salah satu pincang, akan bisa menjadikan seseorang kehilangan jati diri, terlebih lagi, bagi generasi muda Minangkabau, yang mempunyai falsapah “ Adat bansandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Agar generasi muda Minangkabau nantinya mampu bersaing hidup dan menguasai dunia, perlu melengkapi diri dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan, menguasai tehnologi, terampil, berbudaya dan mempunyai kekuatan moral agama, kata camat Lubuk Tarok, Jasril SH, dalam acara perpisahan siswa kelas III, SMA Negeri 12, di sekolah setempat, hari Selasa lalu.

Dalam acara perpisahan siswa kelas III SMAN 12 itu, berlangsung cukup meriah dengan menampilkan kebolehan gruop kesenian yang diiringi Band Osis setempat, dihadiri seluruh orang tua, pemuka masyarakat, camat Lubuk Tarok bersama muspika dan tokoh-tokoh pendidik. Sehingga, pengembalian sebanyak 89 orang siswa yang telah selesai mengikuti UN tahun ini, oleh kepala sekolah kepada orang tuanya masing-masing, sangat terkesan sekali.

Ketua Komite SMA Negeri 12 Sijunjung Drs. H. Rusli Jawaher Dt.Malitang Bumi dalam sambutannya, minta kepada orang tua siswa, agar selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada putra/putrinya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, karena, batas waktu dan umur menuntut ilmu pengetahuan itu hanya liang kubur. Bahkan dalam ajaran Islam, dijelaskan bahwa, orang putus di tengah jalan dalam menuntut ilmu, sama halnya dengan mayat yang berjalan.

Maka perjuangan dalam mencari ilmu, sama halnya dengan jihad fisabillah, dan jika ada yang mati, berarti mati syahid. Sebab, ilmu adalah kunci untuk sukses dan kebahagian hidup dunia dan akhirat kelak. Selagi ada waktu dan kesempatan, jangan disia-siakan, karena, penyelesalan itu, datangnya selalu di akhir perjalanan hidup, tutur ketua komite itu kepada siswa yang menamatkan pendidikanya di SMA tahun ini. R/E/ovn03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *