Jakarta, Ilustrasi Bersiap Sambut Tahun Baru 2015

 

Jakrta.Ovumnews.com–Jakarta siap menyambut Tahun Baru 2015. Berbagai acara akan disuguhkan untuk menyemarakkan pergantian tahun, baik oleh Pemprov DKI Jakarta maupun kalangan swasta seperti pengelola pusat hiburan, hotel, maupun mal.

Mereka beradu spektakuler demi memberi kesan untuk masyarakat. Pemprov DKI Jakarta misalnya kembali menyelenggarakan Jakarta Night Festival (JNF). Event ketiga ini akan diramaikan dengan 13 panggung hiburan yang tersebar di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Medan Merdeka Barat dengan menampilkan aneka ragam hiburan dan wisata kuliner.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, JNF kali ini tidak dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia (HI) karena ada proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) di sekitar kawasan itu. Perayaan hanya akan dipusatkan di kawasan Monumen Nasional (Monas) dan di seputaran Jalan Medan Merdeka.

“Banyak alat berat yang bisa mengancam nyawa pengunjung. Maka itu, acara JNF tahun ini kemungkinan tidak digelar sampai HI. Terlalu berisiko kalau mau digelar sampai ke situ,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman saat dihubungi KORAN SINDO di Jakarta kemarin. Selain menampilkan panggung hiburan dan kuliner, Pemprov DKI juga akan menggelar aneka pertunjukan lain yang tak kalah seru. Hanya, Arie tidak bersedia mengungkapkan.

“Perayaan JNF tahun ini akan kita buat berbeda dari tahun lalu. Akan ada kejutan, tetapi tidak bisa kita sampaikan sekarang biar kejutan,” ucap Arie. Selama berlangsung acara kendaraan bermotor dilarang melintas. Biasanya acara dimulai sejak sore pada 31 Desember hingga dini hari pada 1 Januari. Untuk pengamanan, kepolisian akan menurunkan 2.000 anggota berpakaian dinas lapangan.

Mereka akan ditempatkan di setiap pos sepanjang Bundaran HI hingga Harmoni. Anggota juga akan disiagakan di beberapa titik perempatan untuk menjaga kawasan MH Thamrin bisa steril dari kendaraan bermotor. Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan, pihaknya akan menurunkan 2.000 anggota berpakaian dinas lapangan.

“Anggota Polres Jakarta Pusat tidak ada yang libur ataupun izin, kecuali sakit. Semua akan melakukan pengamanan pergantian tahun di lokasi yang ramai dan objek vital,” tuturnya. Hiburan tak kalah spektakuler juga dipersiapkan sejumlah pusat hiburan seperti Taman Impian Jaya Ancol. Seperti biasa, Ancol akan menampilkan grup band lokal ternama, mulai dari musik pop, dangdut, hingga reggae.

VP Public Relation Ancol Taman Impian Metty Yan Harahap mengatakan, di antara hiburan itu adalah panggung musik akbar dua hari berturutturut dengan tajuk “Ekspresi Cinta” yang digelar pada 30 Desember 2014 dan “Resolusi 2015” pada 31 Desember 2014. Dua acara tersebut dimulai pukul 21.00 WIB di Lapangan Central Parkir B atau yang dahulu dikenal dengan Lapangan Teater Mobil Ancol Taman Impian.

Untuk menambah semarak perayaan Tahun Baru 2015 Ancol juga akan mengadakan pesta kembang api di tiga titik yaitu di Pantai Beachpool, Pantai Karnaval, dan Danau Monumen tepat pada pukul 24.00 WIB. “Seperti biasa, kita akan ada pesta kembang api di tiga titik,” ujarnya. AdapunTamanMiniIndonesia Indah (TMII) akan menampilkan 300 artis muda Indonesia dalam pementasan operet “Satu Indonesiaku Songsong Mentari 2015”.

Manajer Pusat Informasi Budaya dan Wisata TMII Suryandoro menjelaskan, opera tersebut sebuah pergelaran Agung Mozaik Khatulistiwa, mencerminkan keanekaragaman budaya Indonesia yang terbentang dari Sabang Sampai Merauke. ”Pentas merupakan hasil kolaborasi seni tari, musik, dan vokal, serta didukung ratusan potensi seniman andal hasil gemblengan TMII,” ujarnya.

Tak ketinggalan TMII juga akan menggelar pesta kembang api. Kali ini 4.000 kembang api akan dinyalakan. Berbagai hotel berbintang di Jakarta juga berlomba menawarkan hiburan untuk merayakan pergantian tahun. Umumnya acara dikemas dengan pelaksanaan hitung mundur yang sudah satu paket dengan gala dinner serta penampilan artis ternama Ibu Kota sebagai hiburan.

Gran Melia misalnya, hotel yang berlokasi di Rasuna Said Kuningan ini, secara khusus mendatangkan jebolan ajang Indonesia Idol musim pertama pada 2004, Nania. “Hotel kami tempat yang tepat untuk merayakan tahun baru karena letaknya yang strategis dan tidak berada di pusat kemacetan,” kata Ratna Sjamsijar Idris selaku director of marketing & communications Gran Melia.

Borobudur Jakarta menawarkan acara pergantian tahun di Flores Ballroom dengan acara bertemakan “Glitz & Glamour Copacabana”. Dengan dipandu oleh MC kondang Dave Hendrik dan Jennifer Arnelita, acara akan menampilkan Ari Lasso dengan lagu hitsnya. Sedangkan The Media Hotel & Towers mengangkat tema “Fabulous Vegas” dengan menghadirkan Once Mekel, disertai jamuan makan malam elegan.

Sementara itu, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengaku memanfaatkan liburan Natal dan Tahun Baru 2015 untuk memberikan serangkaian promo diskon. Hal tersebut untuk mengejar pendapatan yang sempat tergerus oleh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang mengakibatkan biaya distribusi barang menjadi tidak efisien.

“Untuk Natal dan Tahun Baru (2015) kali ini banyak dimanfaatkan oleh para peritel dengan memberikan serangkaian promo diskon dan harga khusus, bahkan ada diskon sampai 80%,” ungkap Wakil Sekjen Aprindo Satria Hamid . Menurut Satria, libur Natal 2014 dan Tahun Baru 2015 menjadi momentum para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan.

Seperti sebelumnya, penjualan periode Natal dan Tahun Baru 2015 merupakan yang terbesar kedua dalam setahun setelah Hari Raya Idul Fitri. ”Berbagai promosi mulai dari acara musik, sinterklas, melakukan diskon dan mengadakan lucky draw. Termasuk juga midnite sale ataupun perpanjangan jam tutup toko, serta pemberian special gift untuk pembelian sejumlah tertentu,” ungkapnya.

KRL hingga Dini Hari

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan mengoperasikan layanan KRL Commuter Line hingga dini hari pada Selasa (31/12/2014) mendatang. Apabila pada hari normal jadwal perjalanan KRL Commuter Line paling akhir hanya beroperasi sampai sekitar pukul 23.30 WIB (untuk rute Jakarta-Bogor), khusus tanggal yang bertepatan dengan malam pergantian tahun itu jadwal perjalanan KRL Commuter Line paling akhir akan beroperasi sampai pukul 02.00 WIB keesokan harinya, Rabu (1/1/2015).

Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa mengatakan, pada malam tahun baru mendatang akan dioperasikan 14 perjalanan KRL Commuter Line tambahan. KRL tambahan pertama akan berangkat dari Stasiun Bogor pada 31 Desember 2014 pukul 22.00 WIB. Sementara perjalanan KRL tambahan terakhir dari Stasiun Jakarta Kota menuju Bogor dan dari Stasiun Tanah Abang menuju Parung Panjang berangkat pukul 02.00 WIB.

“PT KCJ menyelenggarakan perjalanan KRL Commuter Line tambahan ini untuk melayani masyarakat yang ingin memperingati malam pergantian tahun di berbagai lokasi di Jabodetabek,” kata Eva melalui keterangan tertulisnya, Jumat (26/12/2014). Dengan demikian, kata Eva, pada pergantian tahun baru nanti, PT KCJ mengoperasikan total 753 perjalanan KRL Commuter Line. “Saat ini PT KCJ telah mengoperasikan 739 perjalanan KRL setiap harinya yang mampu melayani hingga 750.000 penumpang,” sebut dia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *