Kasus 177 Paspor Palsu Calon Haji Indonesia,Pilipina Tetepkan Lima Tersangka

 

Jakarta.Ovumnews.Com—Kepolisian Filipina akhirnya menetapkan lima orang tersangka terkait kasus pemalsuan data paspor terhadap 177 calon jamaah haji asal Indonesia.

Lima tersangka tersebut merupakan warga negara asli Filipina yang diduga memalsukan data guna mendapatkan paspor asli bagi warga negara Indonesia.

Pihak Filipina sudah menetapkan lima tersangka pelanggaran hukum Filipina dari warga Filipina. Karena ini memang paspor Flipina asli yang disalahgunakan tentunya mereka yang disana lebih berkompeten untuk menindaklanjutinya,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Senin (29/8/2016).

Agus menjelaskan paspor yang digunakan 177 warga negara Indonesia menuju Arab Saudi merupakan paspor asli Filipina. Namun, yang dipalsukan adalah data pendukung guna mendapatkan paspor asli.

Karena memang keberangkatan saudara-saudara kita di Filipina itu paspor asli. Paspor betul seluruhnya sudah dijelaskan Dirjen Imigrasi, data betul dan sesuai dengan datanya asli. Hanya keberangkatan mereka dari Filipina menuju ke Saudi inilah paling tidak data pendukung yang dipalsukan,” kata Agus.

Karena bagaimana pun saudara kita ini kan WNI kalau di sana mendapatkan paspor Filipina ada hal-hal yang data yang dipaksakan untuk disesuaikan dengan keadaan di sana. Ini di dalami oleh pihak Filipina dan kita di sini,” tukasnya. Ovn03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *