Kementrian PU: Perbaikan Irigasi, Diperlukan Kerja Antara Kementeriannya dan Kementerian Pertanian

 

Jakarta .Ovumnews-Com– Kementrian PU: Perbaikan Irigasi, Diperlukan Kerja Antara Kementeriannya dan Kementerian Pertanian.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan irigasi menjadi pekerjaan rumah dua kementerian dalam Kabinet Kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Menurut dia, dalam perbaikan irigasi, diperlukan kerja sama erat antara kementeriannya dan Kementerian Pertanian.

Kementerian Pertanian urus masalah on farm,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 4 November 2014. Dia berencana membuat direktorat jenderal baru yang mengurus masalah irigasi. Nantinya, dirjen itu yang akan mengawasi pembangunan dan perbaikan irigasi di berbagai wilayah di Indonesia.

Tugas dirjen baru ini dan Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana di Kementerian Pertanian nantinya tidak akan tumpang-tindih. Menurut dia, Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana cakupannya lebih luas, mulai soal pupuk, benih, lahan, hingga irigasi.

Basuki secara rutin menghubungi Dirjen Sarana dan Prasarana Gatot Irianto untuk berkoordinasi soal penggunaan anggaran guna memprioritaskan perbaikan irigasi. Sebab, perbaikan irigasi termasuk salah satu visi Jokowi-JK untuk mencapai kedaulatan pangan. Targetnya, dalam satu periode pemerintahan Jokowi-JK, irigasi lahan seluas 3 juta hektare di berbagai wilayah sudah diperbaiki.

Dulunya Menteri Pertanian Amran Sulaiman menuturkan kementeriannya menargetkan perbaikan irigasi 1 juta hektare lahan pertanian pada 2015. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 1 triliun. Perbaikan irigasi akan dilakukan di 16 titik sentra produksi pangan yang tersebar di Jawa, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *