Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Bayumas Ke Kota Tanjung Pinang

 

Tanjungpinang,Ovumnews.Com–Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Bayumas Ke Kota Tanjung Pinang Dalam upaya melestarikan budaya, Pemerintah Kabupaten Banyumas – Jawa Tengah mengadakan acara “Jelajah Budaya Nusantara” dengan fokus pada Kota Lama. Pada hari Rabu (05/11) dilaksanakan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kota Tanjungpinang di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Tanjungpinang – Senggarang, yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Drs. Riono, Msi.

Rombongan dari Kabupaten Banyumas yang terdiri dari Komisi D DPRD Kabupaten Banyumas, Kadis Tata Ruang dan Cipta Karya, Dinas Kebudayaan, Inspektorat, Dewan Kesenian, serta pelaku seni dari sanggar Cemoro Sewu, ingin mendapatkan informasi bagaimana kebijakan publik di Kota Tanjungpinang untuk melestarikan budaya, regulasi/PERDA, kelembagaan dalam struktur organisasi dan tata kerja (SOTK), anggaran, sarana dan prasarana maupun jaringan kerja dan dukungan dari APBD Pemprov.

Mereka juga menyampaikan bahwa Kabupaten Banyumas yang berada di wilayah selatan jawa tengah merupakan wilayah bekas kerajaan Mataram dengan rajanya yang terkenal yaitu Sultan Agung, terdiri dari 27 kecamatan, 301 desa dan 30 kelurahan dengan jumlah penduduk 1,6 juta jiwa, saat ini sedang mengembangkan wisata alam serta wisata budaya, untuk itu perlu belajar dari Kota Tanjungpinang sebagai Benteng Pelestarian Budaya Melayu.

Sekdako Riono menyampaikan bahwa Kota Tanjungpinang mempunyai warisan budaya yang berpusat di Pulau Penyengat, diusahakan dapat menyaingi Malaka di Malaysia dengan program-program untuk menjadikan warisan budaya sebagai objek wisata bersinergi dengan berbagai pihak termasuk dengan Pemerintah Provinsi Kepri. Program penting yang perlu dikembangkan yaitu menumbuhkan kesadaran dan peran serta masyarakat disekitar objek tersebut, jelas Riono (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *