Masyarakat Kelurahan Tanjung Pauh Tolak Pembangunan TPSS

 

Camat Nurdal Pembangunan TPSS Tidak Perlu Amdal
Payakumbuh.Ovumnews.Com--Sekretaris Kota Payakumbuh menerbitkan surat  tanggal 12/5/17 dengan nomor 660/612/DLH-PYK/VI-2017 yang isinya tentang pembangunan TPSS di jalan Sutan Syahril RW 1 Kelurahan Tanjung Pauh Koto Nan IV Payakumbuh Barat.

Terkait surat yang diterbitkan Sekretaris Kota Payakumbuh itu, lantas warga Kelurahan Tanjung Pauh tidak terima dan membuat selebaran berjumlah ratusan, berisikan penolakan pembangunan TPSS dan juga warga membubuhi tanda tangan penolakan.

Salah seorang warga kepada awak media ini via seluler mengatakan, sebelum surat diterbitkan, pihak Pemko Payakumbuh tidak melakukan sosialisasi terlebih dahulu dengan seluruh warga dan niniak mamak (kepala suku) di Kelurahan Tanjung Pauh.

“Apa lagi TPSS yang akan dibangun untuk menampung sampah masyarakat Kecamatan Payakumbuh Barat, mau dijadikan kota sampah Kelurahan Tanjung Pauh ini” sumber menambahkan.

Bertempat di kantor Kelurahan Tanjung Pauh masyarakat telah adakan musyawarah penolakan pembangunan TPSS, pada Selasa 25/4/17.

Pada musyawarah pada waktu itu, turut hadir Asisten III Kota Payakumbuh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, Sekcam Kecamatan Payakumbuh Barat, Kabid Tata Ruang, Babinsa- Babimmas dan Ketua LPM.

Keputusan musyawarah masyarakat menolak atau tidak menyetujui pembangunan di TPSS di RW 1 Kelurahan Tanjung Pauh dengan alasan sebagai berikut: Pembangunan TPSS sangat dekat dengan pemukiman warga, sangat dekat dengan kantor BPN Kota Payakumbuh, Puskesmas Pembantu, Kantor Camat Payakumbuh Barat dan Kantor BPP Kecamatan Payakumbuh Barat.

TPSS yang akan dibangun sangat dekat dengan warung makan dan warung kopi, meskipun diberi desifektan dan digelontor dengan air tetap menimbulkan bau tidak sedap siang maupun malam hari, bau tidak sedap dan banyak lalat berdampak terhadap kesehatan warga sekitar.

Helmita Kepala Kelurahan Tanjung Pauh dikonfirmasi awak media ini via seluler mengatakan, rencana pembangunan TPSS di RW 1 hanya bersifat sementara, tapi untuk lebih jelas silahkan ditanya ke Camat Payakumbuh Barat atau Kepala Dinas Lingkungan Hidup Payakumbuh.

Nurdal Camat Payakumbuh Barat via seluler mengatakan, masayarakat Kelurahan Tanjung pauh jangan salah menerima informasi. TPSS yang akan dibangun khusus untuk warga Kelurahan Tanjung Pauh, bukan menampung seluruh sampah masyarakat Kecamatan Payakumbuh Barat.

Lagi pula dilokasi yang ada sekarang sudah dari sejak lama sampah dibuang ke situ, dari pada berserakan maka Pemko Payakumbuh akan membangun TPSS.
“Ini ada segelintir orang mengkait-kaitkan dengan politik, jadi warga jangan sampai terprofokasi. Mengenai kajian AMDAL tidak diperlu dikaji, tidak ada izin AMDAL pun tidak masalah, kata Nurdal.

Ditempat terpisah M. Abral Ketua LPM dimitai tanggapan terkait yang disampaikan Camat, Pak Camat jangan buang badan dan jangan bohongi publik lah, ini bulan puasa tidak baik berbohong.

Sudah jelas-jelas TPSS akan dibangun untuk menampung sampah masyarakat Kecamatan Payakumbuh Barat, buktinya kendaraan roda tiga dari kelurahan lain sudah membuang sampah ke RW 1 Kelurahan Tanjung Pauh.

Pada intinya warga tidak mau TPSS dibangun di jalan Sutan Syahril RW 1 Kelurahan Tanjung Pauh dan diminta kepada DPRD Kota Payakumbuh sebagai wakil rakyat untuk turun tangan.

“Kami mohon DPRD untuk menyampaikan ke Pemerintah Kota Payakumbuh agar tidak dibangun TPSS di Kelurahan Tanjung Pauh untuk menampung sampah masyarakat kecamatan payakumbuh barat” kata M. Abral.

M.Abral manambahkan, sebenarnya Dinas Lingkungan Hidup juga kelimpungan. Informasinya tender proyek pembangunan TPSS sudah tanda tangan kontrak dengan pihak rekanan, buktinya bahan material telah ditumpuk dilokasi TPSS yang akan dibangun.

Jhon Kenedi Kepala Dinas Lingkungan Hidup via seluler mengatakan, ditunggu saja bagaimana keputusan nantinya. Mengenai pembangunan TPSS yang tertunda, pihak rekanan mau menunggu.

Warga Tanjung Pauh diperantauan dimintai pendapat, Pemerintah Kota Payakumbuh harus membangun TPSS di setiap Kelurahan.Rihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *