Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginstruksikan pencarian AirAsia QZ 8501 harus dilakukan sampai ketemu

 

Jakarta, Ovumnews.com– Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginstruksikan pencarian AirAsia QZ 8501 harus dilakukan sampai ketemu, kata Kepala Kantor Otoritas Bandara Udara Wilayah III Kementerian Perhubungan, Pramintohadi, Senin (29/12).

Ditemui di Crisis Centre Terminal 2 Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim investigasi tentang instruksi tersebut.

“Koordinasi dengan Basarnas dan pihak lainnya terus dilakukan. Penambahan kapal dan bantuan dari Malaysia serta Singapura juga sudah dikoordinasikan,” ujarnya.

Kementerian Perhubungan juga memberi maklumat terhadap pihak-pihak kapal yang melintasi sekitar Perairan Teluk Kumai untuk ikut memonitor dan memberi laporan jika menemukan tanda-tanda tentang pesawat.

“40 persen lalu lintas kapal di sekitar perairan tersebut. Kami menyampaikan maklumat kepada kapal-kapal melintas, mungkin ada yang menemukan,” ujarnya.

Pesawat bernomor penerbangan QZ 8501 dari Surabaya menuju Singapura mengalami hilang kontak dengan “Air Traffic Control” pada Minggu (28/12) pagi.

Hingga sekarang, pesawat berpenumpang 137 dewasa, 17 anak-anak, 1 bayi dan 7 kru tersebut belum ditemukan.

Pencarian diperluas.

Kapal Rescue Boat Basarnas kembali menyusuri perairan di sekitar Belitung Timur untuk mencari tanda-tanda dari pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak kemarin. Area pencarian pun diperluas.

Pantauan detikcom, Senin (29/12/2014), Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama turut serta d‎alam pencarian tersebut. Basuri juga mengajak serta istri dan kedua anaknya.

“Mari kita berdoa bersama-sama agar pencarian membuahkan hasil,” ucap Basuri.

Selain itu, tampak pula Kepala ‎Basarnas Bangka Belitung Joni Superiadi yang juga mendampingi. Rencananya pencarian kali ini akan menyusuri Pulau Tepi yang jaraknya sekitar 30 mil dari Manggar. Sebelumnya, Basuri juga mendapat laporan dari nelayan yang mendengar deru pesawat tak jauh dari pulau tersebut.

Selama perjalanan, kondisi laut tampak tenang tanpa ada gelombang tinggi. Cuaca pun tampak cerah berawan dengan tiupan angin yang cukup kencang. Warna air laut terlihat hijau menandakan kedalamannya tak terlalu dalam.

Tampak pula di kejauhan sempat terlihat sebuah helikopter yang terbang menyusuri lautan Belitung Timur. Namun, pencarian di lokasi tersebut masih belum membuahkan hasil yang berarti.Ant.Ovn
 

Ant.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *