Oesman Sapta Terpilih Pimpin Gebu Minang

 

Padang.Ovumnews.Com– Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Oesman Sapta Odang, ter¬pilih secara aklamasi men¬jadi Ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) periode 2016 – 2021 mendatang.

OSO, demikian sapaan akrabnya menang dari H. Is Anwar Dt Rajo Perak untuk meng¬gantikan posisi Ermansyah Jamin yang sebelumnya menjabat Gebu Minang saat Musyawarah VI Gebu Minang di Hotel Pangeran Beach Minggu (25/12), dini hari.

OSO sendiri termasuk putra Minang yang punya tampuk kekuasaan di pusat. Ia sempat bersaing dengan Zulkifli Hasan untuk meraih kursi pimpinan MPR. Kini, posisinya adalah Wakil Ketua MPR.

OSO merupakan putra Asnah Hamid dari Sulit Air, Kabupaten Solok. Nyaris setiap tahun, ia selalu menyempatkan diri pulang kampung, melihat sanak sau¬daranya di daerah tersebut.

Sebelumnya, OSO saat mem¬buka kegatan Mubes Ge¬bu Mi¬nang VI me¬nyebutkan, ada 5-S yang harus dimiliki Gebu Minang bila ingin maju. 5-S ini apabila terapkan Gebu Minang akan dapat bersaing di era modern dan serba teknologi sekarang.

“5-S yang saya maksud disini yaitu strategi, struktur, skill, sistem, dan speed ditambah tar¬get,” kata OSO di depan ratusan undangan yang hadir dalam Mu¬bes VI Gebu Minang yang me¬ngangkat tema ‘Satitiak Aia Da¬lam Pinang, Sinan Bamain Ikan Rayo’

Dijelaskannya, strategi me¬mang harus dimiliki Gebu Minang dalam menghadapi era mo¬der¬nisasi saat ini. Setelah strategi, harus ada struktur organisasi yang jelas. Dalam struktur itu adanya skill dari para anggota di struk¬turnya untuk memajukan or¬ganisasi yang ada.

“Baru setelah itu adanya sistem yang jelas dan juga kecepatan dalam meraih target. Karena bagaimana pun sebuah organisasi harus lah mempunyai target yang ingin dicapai,” ungkapnya di depan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Azwar Anas, Fahmi Idris, tokoh minang, cadiak pan¬dai dan niniak mamak yang hadir.

Gebu Minang lanjutnya, sa¬ngat dibutuhkan oleh masyarakat Minang. Visi dan misi Gebu Minang juga sejalan dengan Visi dan Misi Presiden Joko Wi¬do¬do. Dimana salah satu yang mem¬banggakan yaitu sifat gotong royong dan kebersamaan yang dimiliki Gebu Minang.

OSO juga meminta agar orang Minang jangan pernah lupa de¬ngan identitas Minang. Dimana pun berada tetap lah selalu sebut¬kan saya Minang. “Saya meski berada di Kalimantan ketika orang bertanya, saya tetap katakan kalau saya orang Minang. Ibu saya orang Sulit Aia, Kabupaten So¬lok,” katanya.

Gubernur Sum¬bar Irwan Pra¬yitno, menye¬butkan dengan kehadiran Gebu Minang diha¬rapkan menjadi perekat komu¬nikasi antara sesama orang Mi¬nang. Ia juga berharap agar komu¬nikasi sesama orang Minang jangan putus dan terus disam¬bung dimana pun berada.

“Kami berharap mubes ini merupakan momentum untuk membangkitkan kembali se¬ma¬ngat untuk memajukan Gebu Minang ke depannya. Dengan mubes maka akan terbentuk pengurus baru tentunya dengan semangat baru pula,” paparnya.

Irwan juga meminta agar per¬bedaan yang ada jangan dijadikan perpecahan yang menguras ener¬gi, akan tetapi perbedaan ini untuk menjadi perekat dalam organisasi Gebu Minang ke depannya.Edwar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *