Pameran Lukisan “Footages Bandung

Tgl 6 Desember 2014
 

Bandung,Ovumnews,com– Kepalsuan dalam kepalsuan dipampang secara nyata dalam pameran ini. Tanpa kata, biarkan gambar yang bicara.

Jajaran foto yang terpampang hasil karya para fotografer berbagai universitas terpajang rapih di Galeri Bawah Tanah Ropih, Jalan Braga, Kota Bandung. Di ruang pamer itu, para fotografer menuangkan kepalsuan. Ada yang soal pendidikan, ada pula tentang karakter manusia.

Pameran yang diselanggarakan hingga 6 Desember 2014, para fotografer ini menuangkan ekspresinya. Di antara fotografer yang memamerkan karyanya, adalah Helmi Frawisandi, Gihfari Fadhillah, Thomas Adhi Nugroho, serta Khairil Anwar.

Diskursus tentang objektivitas dan subjektivitas fotografi kembali menjadi wacana yang menarik,” ujar kurator pameran Fake, Ali Mecca kepada INILAH saat ditemui di Galeri Bawah Tanah Ropih, Jalan Braga, Kota Bandung, Selasa (2/12).

Peserta pameran diberikan keleluasaan untuk menerjemahkan tema Fake melalui sudut pandangnya masing-masing. Entah itu pengalaman personal, refleksi kondisi realitas, permasalahan identitas atau interpretasi apapun.

“Begitu juga dengan kebebasan dalam eksplorasi visualnya. Mereka dipersilakan menggunakan berbagai macam pendekatan, sesuai dengan konsep karya yang ingin dibangun,” papar dia.

Ali Mecca menuturkan, sebetulnya, pameran ini ingin menampilkan ambivalensi antara tema yang diusung melawan ciri realis yang telah menjadi fitrah fotografi.

Alih-laih menunjukkan ambilavensi, yang terjadi justru peleburan. Dalam pengertian ini, gagasan tentang kepalsuan melebur ke dalam kepalsuan medium fotografi. Sehingga batas-batas tentang kepalsuan dan kebenaran, intensionalitas dan reflektifitas, fotografi dan bukan fotografi menjadi kabur.

pameran melahirkan makna yang semakin paradoks dengan adanya pameran ini. Oleh karena itu, pameran ini betul-betul dengan kepalsuan. Semua seniman yang turut dalam pameran mampu menyuguhkan karya luar biasa,” papar dia. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *