Papua Bantu Masjid Raya Sumbar

 

Padang, Ovumnews.com–Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menerima bantuan keuangan untuk melanjutkan pembangunan Masjid Raya Sumbar sebesar Rp5 miliar dari Papua, sementara bantuan dua provinsi lain masih dalam proses.

Rencananya kita dapat bantuan keuangan dari tiga provinsi dengan total Rp22,5 miliar. Namun baru dari Papua yang kita terima sebesar Rp5 miliar,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Sumbar, Zaenuddin, Kamis.

Menurut dia, bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp7,5 miliar dan dari Aceh sebesar Rp10 miliar, hingga saat ini masih dalam proses.”Kita akan tindaklanjuti lagi sehingga pembangunan masjid kita cepat selesai,” ujarnya.
Ia tidak mengetahui apakah bantuan anggaran itu bisa terealisasi atau tidak. Namun Pemprov Sumbar akan tetap berusaha.

Sebelumnya, pada masa pemerintahan Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek, dilakukan lobi pada beberapa provinsi untuk membantu mempercepat pembangunan Masjid Raya Sumbar.

Hasil lobi tersebut, tiga provinsi bersedia untuk memberikan bantuan anggaran masing-masing Papua sebesar Rp5 miliar, Jawa Barat Rp7,5 miliar dan Aceh Rp10 miliar.Hingga saat ini, baru Papua yang telah merealisasikannya.

Permintaan bantuan pada provinsi lain itu bermula dari perintah Wakil Presiden Jusuf Kalla saat mengunjungi Masjid Raya Sumbar medio 2015.
Waktu itu, Wapres Jusuf Kalla meminta pembangunan Masjid Raya Sumbar tuntas selama satu tahun sejak kedatangannya tersebut.

Sekarang proses pembangunan Masjid Raya Sumbar telah mencapai 65 persen, tinggal 35 persen lagi.

Untuk melanjutkan pembangunan Masjid Raya Sumbar, masih membutuhkan sekitar Rp127 miliar lagi. Sementara dana yang telah teralokasi 2016 senilai Rp71,5 miliar. Terdiri dari Rp38 miliar dari APBD Sumbar, Rp22,5 miliar bantuan keuangan provinsi lain dan Rp11 miliar dari APBN. (Hms/Jn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *