Pasaman Pacu Sektor Pariwisata

 

Pasaman.Ovumnews.com–Dinas Pemuda olah raga dan pariwisata Kabupaten Pasaman segera melakukan revitalisasi dan pembenahan sejumlah objek wisata andalan daerah ini. Pembenahan tidak hanya menyangkut phisik objek wisata, tapI juga sarana pendukung seperti taman, toilet dan infrastruktur di sekitar objek wisata.

“Kita ingin mewujudkan tekad bersama untuk menjadikan Pasaman sebagai destinasi wisata baru di Sumatera Barat. Kendati secara geografi Pasaman cukup jauh, namun dukungan iklim yang sejuk dan lukisan alam Pasaman nan elok ditambah objejk wisata alam dan sejarahnya yang tak kalah menarik, membuat kami optimis, bahwa dengan kerja keras dan upaya maksimal yang tengah dan akan kami lakukan, maka impian itu akan dapat diwujudan,” terang Ricky Riswandi, SH, MSi,Kadisporapar Pasaman.

Memang, sejak diamanahi menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Porapar Pasaman, Ricky Riswandi telah memilki konsep untuk menggeber instansi yang dipimpinnya melakukan kerja nyata yang terukur.

Menurutnya, setelah melakukan inventarisasi aset, baik objek wisata dan sarana olah raga yang menjadi kewenangannya, kini di triwulan ke dua tahun anggaran 2017, Ricky bersama jajaran Disporanya mulai mengarah ke perbaikan physik dan teknis pengelolaan objek wisata.

“Saya bersama teman-teman di Dispora sudah mencek keseluruh objek wisata yang ada di Pasaman. Hasilnya masih ada disana-sini yang perlu dibenahi. Kendati tidak terlalu fital,namun hal itu cukup penting, meliputi kebersihan objek, pembenahan taman dan toilet. Target kita wisatawan merasa nyaman selama ber holiday di Pasaman, ” terang Ricky.

Usai mengelar rapat gabungan dengan jajaran kepala bidang, Kasi dan staf Disporapar Pasaman, Senin (17/4), Ricky mengaku cukup senang dengan semangat anggotanya. “Ini merupakan awal yang baik, dan dalam rapat tadi sudah kita bahas langkah kerja ke depannya,” ujar Kadis yang juga pelatih Taekwondo Pasaman.

Diterangkan Kadis yang bersahaja tersebut, bahwa sebagai daerah yang memilki sumberdaya cukup terbatas, Kabupaten Pasaman mesti menggerakan sektor pariwisatanya. Data yang diperoleh selama menjabat Kabid Ekonomi dan Budaya pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pasaman, bahwa usaha-usaha pertanian dan perkebunan yang jamak ditekuni masyarakat Pasaman, belum dapat menggapai tingkat taraf hidup sejahtera.

“Saya berharap dengan bertumbuhnya sektor pariwisata ini nanti, maka secara eksplisit membawa dampak posiitf bagi iklim usaha-usaha masyarakat, seperti kuliner, kerajinan dan home industri yang dapat dipasarkan di kawasan destinasi wisata Pasaman,” imbuh Ricky menyudahi.

Sementara, Kabid Pariwisata Mayonis, SPd menjelaskan, selain objek wisata yang sudah ada seperti Rimbo Panti dan Museum Perjuangan Tuanku Imam Bonjol berikut Monumen dan Tugu Equator Bonjol, pihaknya juga sedang mempersiapan objek lainnya guna mendukung keberadaan objek wisata andalan tadi.

Diterangkan Mayonis, seperti di Kecamatan Bonjol, Pemkab Pasaman beserta unsur pemerintahan Nagari Ganggo Mudiak dan Ganggo Hilia tahun ini tengah menggodok objek wisata arung jeram di aliran batang Masang, berikut kolam pemandian air panas.

Selain suntikan dana APBD melalui Disporapar, pihak Nagari Ganggo Mudiak juga menyediakan anggaran Rp.800 juta tahun 2017 ini, untuk memoles kolam pemandian air panas bekas peninggalan pemerintahan hindia Belanda tempo doeloe di daerah tersebut.

“Saya yakin dengan adanya objek wisata peyangga tadi, maka Bonjol dengan kekayaan wisata sejarah dan garis khatulistiwanya, akan gampang diwujudkan menjadi Kampoeng Wisatanya Pasaman, apalagi sektor usaha kuliner sudah lebih dulu menggeliat di daerah ini,” ujar Mayonis optimis.Surya

One Response to Pasaman Pacu Sektor Pariwisata

  1. Zuldasri,s.sos pekanbaru riau berkata:

    [* Shield plugin marked this comment as “trash”. Reason: Failed GASP Bot Filter Test (comment token failure) *]
    Mantap, wisata kuliner dan yg mendukung ikut juga dibangun. Karena daerah tujuan wisata makanan wajid tersedia. Mantap.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *