Polda Sumatra Barat Kunjungi Kabupaten Tanah Datar

 

Batusangkar.Ovumnews.com. Masyarakat Tanah Datar bersukur pertama, dikunjung Kapolda Sumatera Barat Brigjen Pol. Basarudin, SH,MH beserta beberapa perwira utama Polda Sumatera Barat dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Datar, Rabu (20/1).
Para rombongan Kapolda ini disambut Penjabat Bupati Tanah Datar Sudirman Gani di Gazebo Indojolito Batusangkar, turut mendampingi Kapolres Tanah Datar AKBP Irfa Asrul Hanafi, S.IK, Pimpinan DPRD Kabupaten Tanah Datar Drs. Irman, M.Si dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Tanah Datar.

Pejabat Bupati Tanah Datar Sudirman Gani merasa bersyukur atas kunjungan Kapolda hari ini yang baru saja serah terima dengan pejabat lama di Padang beberapa waktu lalu. Tanah Datar mendapat kehormatan mendapat kunjungan perdana dalam rangkaian kegiatan Bapak Kapolda ke kabupaten/kota di Sumatera Barat, ucap Bupati Sudirman di hadapan pimpinan SKPD, akademisi, tokoh masyarakat, polmas dan FKPM se-Kabupaten Tanah Datar yang diiringi tepuk tangan hadirin.

Pejabatj. Bupati Sudirman sampaikan Tanah Datar sesuai yang ditulis sejarah merupakan luhak nan tuo, dahulunya Tanah Datar merupakan pusat pemerintahan kerajaan Pagaruyung sebagai tonggak pemerintahan masyarakat Minangkabau. Di Tanah Datar lah budaya Minangkabau lahir dan tumbuh serta menyebar ke daerah-daerah di Sumatera Barat maupun luar Sumatera Barat.

Pantaslah kiranya Tanah Datar memiliki keunggulan di sektor pariwisata dengan wisata adat dan budaya yang perlu terus dipelihara dan dijaga untuk generasi masa depan, serta Tanah Datar memiliki alam yang indah disebabkan topografi yang cenderung tidak datar ini ditambah keaneka ragaman kulinernya yang tidak hanya dikenal di Sumatera Barat tapi sudah mendunia.

Pejabatj. Bupati Sudirman juga jelaskan situasi Tanah Datar yang relatif aman dan jauh dari gejolak sosial yang mengakibatkan keresahan masyarakat. Agenda pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015 yang lalu dapat berjalan aman dan lancar berkat kerjasama dan dukungan semua pihak terutama komitmen Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta peran tokoh masyarakat yang senantiasa berusaha menciptakan suasana yang kondusif, imbuh Sudirman.

Sementara itu Kapolda Brigjen Pol. Basarudin yang merupakan teman seangkatan Brigjen Pol. Boy Rafly Amar ini dalam sambutannya sampaikan terima kasih atas sambutan yang hangat dari Pemerintah Kabupaten Tanah Datar beserta unsur masyarakat Tanah Datar.

Menurut Brigjen Pol. Basarudin kunjungan ke daerah sangat penting selain untuk bersilaturahmi juga mengenal lebih dekat daerah dan masyarakatnya.Saya pernah bertugas sebagai Wakapolda Sumatera Utara yang dikenal daerah cenderung keras, juga pernah di Jogyakarta yang dikenal lebih lembut dan saat ini dipercaya memimpin jajaran Polri di Sumatera Barat yang saya pikir berada di antaranya dan saya berharap Sumatera Barat kondisi kantibmasnya senantiasa datar-datar saja, tindak kriminalitas yang rendah dan masyarakat hidup aman dan tenteram, ungkap Brigjen Pol. Basarudin.

Brigjen Pol. Basarudin sampaikan peran dan tanggung jawab polisi yang semakin besar melayani masyarakat. Polri telah mengalami perubahan paradigma, saat ini Polri mengedepan pelayanan kepada masyarakat, masyarakat adalah mitra Polri, kata Basarudin.
Dalam rangka pelayanan kepada masyarakat inilah Polri bekerja semaksimal mungkin. Rasio yang ideal adalah 1 polri melayani 500 masyarakat, namun saat ini belum tercapai termasuk di Sumatera Barat sendiri,Solusi saat ini yang tepat adalah jadilah polisi bagi diri sendiri, sampai Basarudin.

Brigjen Basarudin juga ajak bergandengan tangan seluruh unsur masyarakat, mulai dari aparatur, tokoh agama, tokoh adat dan unsur lainnya untuk bersama-sama meraih tujuan pembangunan mewujudkan masyarakat yang sejahtera, aman dan damai.

Jauhilah tindakan yang merugikan orang lain, meresahkan lingkungan dan tidak terlibat berbagai macam aliran yang menjurus radikalisme dan fanatisme sempit karena semua itu menghambat tujuan pembangunan yang telah menjadi harapan dan cita-cita bersama, pesannya. (Humas) Ovn03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *