Rapat Tim Pora dan Imigrasi Karawang Awasi Orang Asing

 

Jakarta Ovumnews.com— Belum lama ini Imigrasi Kelas II Karawang, Jawa Barat, menyelenggarakan rapat tim Pengawasan Orang Asing (pora). Kegiatan itu dilaksanakan di RM.Indo Alam Sari Karawang dan dibuka langsung Oleh Wakil Bupati Karawang dr.Cellica Nurachadiana.
Wabup mengatakan sebagaimana dimaklumi, keberadaan orang atau warga negara asing yang melakukan beragam kegiatan di wilayah hukum Indonesia perlu mendapat perhatian semua pihak. oleh karena itu, koordinasi antar instansi terkait dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing tersebut sesuai dengan bidang tugas masing-masing mutlak dilakukan.
Posisi yang sangat strategis sebagai tujuan maupun transit lalu lintas orang asing dan barang maka sangat potensial diboncengi oleh kepentingan lain secara ilegal dan tidak bertanggung jawab, misalnya perdagangan manusia (human trafficking), penyelundupan manusia, lalu lintas barang terlarang (narkoba, psikotropika) serta kepentingan bernuansa politik, ekonomi, sosial budaya. Hal itu dapat saja mengancam stabilitas negara dan daerah,” kata Cellica.
kehadiran orang maupun investasi asing, memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan dan pengembangan daerah. Meski demikian dampak negatifnya juga harus diwaspadai.
Tim Pora di Kabupaten Karawang sebagai wadah tempat tukar-menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing, merupakan hal penting, sehingga kewaspadaan dan pengawasan yang tidak berlebihan serta memicu terganggunya kenyamanan maupaun kelancaran aktivitas orang asing dapat dilakukan,” ujarnya.
Kegiatan ini untuk menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan nasional dan daerah dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perlintasan orang antar negara, keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah NKRI.
Dengan diselenggarakannya rapat Tim Pora ini, diharapkan dapat menyamakan persepsi sebagai anggota tim pengawasan orang asing. Sehingga akan bisa mendapatkan data, informasi tentang keabsahan dan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugas masing – masing.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Karawang, Pramella Y.Pasaribu,SH.M.Hum mengatakan, khusus dalam pengawasan orang asing tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri tapi perlu berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait, baik pusat maupun daerah.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *