Ratusan LSM Dorong Pemerintah Selamatkan Dekopin

 

Jakarat OvumNews.com –– Pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2014 di Jakarta kembali mendapat kritikan banyak pihak termasuk kelompok Civil Society. Pasalnya kegiatan tersebut cenderung tertutup dan sengaja menjauhkan info kegiatan tersebut dari konsumsi media massa.
Direktur eksekutif Indonesian Committee Transparency (INDOTRANS), Fuad Bachmid di Jakarta, Senin (3/11/2014) mengatakan bahwa pelaksanaan Munas tersebut yang cenderung tertutup itu dipengaruhi oleh faktor ketakutan Nurdin Halid (NH)yang tidak mau disoroti oleh publik.
Jadi kan begini, pelaksanaan Munas Dekopin itu seyogyannya sudah harus menjadi headline di berbagai media massa karena Munas itu agenda nasional, tapi jika ditilik saat ini Munas Dekopin sudah hampir seperti orang main arisan yang tidak dipublikasikan,” kata Fuad.
Menurut Fuad, upaya pelaksanaan Munas yang cenderung ekslusif itu menandakan ketakutan berlebihan oleh Nurdin Halid selaku ketua umum tiga periode yang mungkin saja berkeinginan mempertahankan tahtanya lagi selaku Ketua Umum pada periode selanjutnya
Karena, saya yakin betul apabila kegiatan ini diekspose dan publik mengetahui niatan Nurdin Halid untuk maju ke periode selanjutnya lagi maka dipastikan Nurdin Halid akan menjadi artis dadakan karena dilibas habis-habisan oleh publik apalagi NH tergolong mempunyai Chripstory yang tak bisa dilupakan publik,” ungkapnya.
Fuad yang juga Presiden Perhimpunan Simpul Aktivis Seluruh Indonesia (PERSIRA) mengingatkan pentingnya kesadaran para anggota koperasi soal kepemimpinan NH selama ini. Apalagi, komponen di internal Dekopin pasti sudah mengetahui soal tata kelola organisasi yang dikomandoi selama ini oleh Nurdin Halid
Tentunya internal mereka sudah tahu persis siapa dan bagaimana Nurdin Halid itu, dia adalah sosok otoriter yang selalu mempunyai ambisi untuk mempertahankan Status Quo dan menghalalkan segala cara untuk menjadi penguasa tunggal dalam organisasi Dekopin. Padahal langkah tersebut semestinya tidak perlu diambil demi proses regenerasi kepemimpinan yang berkelanjutan,” katanya.
Untuk itu, Fuad meminta seluruh anggota Koperasi untuk mengkudeta kembali NH dari perebutan tahta kepemimpinan Dekopin. Sebab, lanjutnya lagi, langkah tersebut sangat beralasan demi upaya penyegaran organisasi.
Bukan itu saja, pihak Fuad juga berjanji akan memboyong 100 Pimpinan organisasi LSM untuk menyurati Presiden Jokowi yang bertujuan untuk meminta pemerintah turun tangan menyelamatkan masa depan Dekopin

Saya akan boyong 100 Pimpinan Organisasi untuk menyurati Presiden dengan tujuan mendorong pemerintah agar turun tangan selamatkan masa depan DEKOPIN yang tak lain adalah langkah maju untuk menggerakan koperasi Indonesia,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *