Ratusan Penumpang Menuggu Transportasi

 

Anambas.Ovumnews.com--Ratusan penumpang menunggu kedatangan kapal di Pelabuhan Tarempa. Saat ini kapal pelni sudah dua bulan tidak masuk Anambas, dan transportasi laut hanya dilayani oleh Kapal Feri. Pelaksan harian (Plh) Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Tarempa Darlis, mengatakan saat ini transportasi yang melayani rute dari Tanjungpinang menuju Anambas hanya kapal feri.

Kapal feri yang melayani masyarakat Anambas tidak selalu bisa berlayar. Sebab kadang bisa tertunda karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Jadi hal ini bisa menjadi penghambat pelayanan bagi masyarakat.

Saat ini kapal milik PT Pelayaran Nasional (Pelni) seperti Bukit Raya untuk sementara waktu belum bisa melayani rute Anambas karena kapal tersebut masih dalam perbaikan.
Sudah hampir dua bulan kapal itu belum dapat berlayar. Ditambah lagi dua kapal Sabuk Nusantara untuk sementara juga tidak dapat melayani rute ke Anambas.

Saya juga tidak mengetahui apa sebenarnya yang terjadi dengan kapal Sabuk Nusantara tersebut.Ia menyampaikan, kapal feri yang biasa melayani rute Tanjungpinang-Anambas Pergi Pulang (PP) bisa tiga kali berlayar dalam satu seminggu.
Namun tidak jarang kapal itu tidak bisa berlayar akibat cuaca atau karena ada kerusakan pada kapal,” ungkapnya .

Darlis mengatakan, seringmasayarakat menanyakan tentang jadwal kapal yang berlayar ke Anambas. Sebenarnya ini tidak menjadi masalah, namun ia tidak bisa menjelaskan secara pasti tententang jadwal kedatangan maupun keberangkatan kapal.
Wajar kalau masyarakat bertanya terus soal jadwal. Karena mereka ingin mengetahui informasi yang pasti ,Darlis juga mengeluhkan, masalah transportasi di Anambas yang seakan tak berkesudahan dan menghantui warga Anambas.

Selama ini sudah banyak transportasi laut yang layak dan menjadi andalan, akhirnya tidak beroperasi dengan normal karena rusak.Untuk saat ini, hanya kapal feri yang menjadi transportasi andalan untukmelayani masyarakat Anambas.

Perwakilan agen Pelni Kota Tarempa Hubbul Ichsan menyampaikan kapal Bukit Raya akan berangkat dari pelabuhan Kijang sekitar tanggal 15 April menuju pelabuhan Letung, Anambas.

Rutenya, setelah menurunkan penumpang di Letung kapal tersebut langsung menuju ke Tarempa dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Kalimantan Barat ,Beberapa bulan lalu kapal tersebut sempat naik docking, karena kapal itu sudah lama tidak di lakukan perawatan.

Informasinya kapal Bukit Raya yang akan berangkat pertengahan April nanti, sekarang masih berada di pelabuhan Jakarta,ungkapnya Tjpinang.Ovn03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *