Serah Terima Jabatan Kepala Daerah di Kab. 50 Kota.

 

Limapuluhkota.Ovumnews.com .Pasangan kepala daerah terpilih, Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan (IDEAL) usai dilantik dan diambil sumpah jabatan sebagai Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno Rabu (17/2). Mengaku siap tancap gas untuk melaksanakan tugas sebagai Pimpinan baru didaerah yang berbatasan dengan Propinsi Riau tersebut.

Kamis (18/2) digelar proses serah terima Jabatan dari Pejabat Bupati (pj) Yendri Thomas kepada Bupati terpilih Irfendi Arbi. Kegiatan tersebut digelar di Aula Lantai II Kantor Bupati setempat Kawasan Bukik Limau Kecamatan Harau. Berbeda dengan daerah lainnya di Sumbar yang juga melaksanakan kegiatan serupa, di Kabupaten Limapuluh Kota, proses serah terima jabatan dan memoar tersebut dihadiri ketua DPD-RI, Isman Gusman dan didampingi sejumlah pihak, diantarannya, Margo WiyonoSekretaris Direktorat Jenderal Bantuan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemsos), Ir. Hari Suprayogi, M.Eng. Direktur Sungai Dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum danPerumahan Rakyat (PUPR), Drs. Eko Budiman MM.Direktur Bantuan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.SiKomandan Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Kodam I/BB).

Selain itu juga hadir sejumlah Muspida, Mantan Bupati Alis Marajo, Mantan Wabup Asyrwan Yunus, kepala SKPD termasuk sejumlah mantan calon bupati-wakil Bupati serta tamu undangan dari Kota Payakumbuh dan lainnya. Proses serah terima jabatan dari pj Bupati kepada Bupati terpilih ditandai dengan penanda-tanganan berita acara serah terima jabatan, dan diikuti dengan penyerahan memoar jabatan oleh pj Bupati kepada Bupati, Irfendi Arbi.

Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Syafarudin dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi dengan hadirnya sejumlah mantan competitor Bupati terpilih dalam acara serah terima jabatan tersebut. Selain itu, ia juga meminta tidak ada lagi kubu-kubuan ditengah-tengah masyarakat. “ Kit sangat apresiasi semua pihak yang hadir dalam proses serah terima jabatan ini, kedepan kita harapkan semua elemen masyarakat untuk bersatu. Kami (DPRD. Red) siap bekerjasama dengan pasangan Bupati terpilih. Kami juga tidak akan intervensi”. Sebut Politisi Golkar tersebut.

Sementara, mantan Pj Bupati Lima Puluh Kota, Yendri Thomas ketika memberikan sambutan, menyebutkan bahwa ia berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung selama ia menjalankan tugas, baik sebagai plh ataupun pj Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota. Ia juga mengucapkan selama datang kepada pada pasangan Bupati-wakil Bupati yang terlah dilantik tersebut. “ Selamat datang kita ucapkan kepada pak Bupati-wakil Bupati. Dan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini mendukung selama saya menjabat plh ataupun pj Bupati”. Sebutnya.

Irfendi Arbi, Bupati Kabupaten Limapuluh Kota ketika memberikan sambutan, menyebutkan bahwa pihaknya akan mengadakan bedah visi-misi calon Bupati-wakil Bupati untuk kemajuan daerah. “ Mari kita bersama-sama membangun daerah. Nanti, kita akan melakukan bedah visi-misi untuk kemajuan daerah”.

Sementara, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI), Irman Gusman akan mendorong Kepala Daerah Lebih memfokuskan terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah mereka masing-masing. Sebab pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Indonesia memilih untuk fokus kemana?. Ia menyarankan kepada kepala daerah yang ada di Sumbar lebih difokuskan kepada pariwisata dan ekonomi keratif, disamping sektor pertanian.

Menurutnya, untuk sektor pertanian dan perkebunan lahan yang terbatas dan juga lahan konservasi (pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan, pengawetan, dan pelestarian).Untuk itu, yang perlu dikemas ke depannya adalah pariwisata, sebab Kabupaten Limapuluh Kota memiliki banyak destinasi yang dapat mengundang wisatawan untuk berkunjung.Selain itu, juga memiliki berbagai macam kuliner daerah yang dapat memanjakan selera para pengunjung, sehingga mereka sering datang untuk berlibur.

Bagaimanapun juga, pariwisata dan ekonomi kreatif memberikan sumbangan yang besar terhadap pendapatan daerah dan masyarakat, terutama bagi mereka yang berada di sekitar lokasi wisata,” sebutnya. Untuk itu, ia mengimbau semua masyarakat untuk saling menjaga keindahan alam agar kekayaan alam tersebut dapat dilestarikan.

Sebelumnya diberitakan, Pasangan Bupati Limapuluh Kota terpilih, Irfendi Arbi dan wakil bupati Ferizal Ridwan (IDEAL) meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah, untuk tidak kasak-kusuk. Sebaliknya, bekerja saja dengan baik. Mereka diminta untuk Jangan bermanuver yang tidak sehat. Dan Bekerja saja dengan benar, baik. Jujur.

Kita harap mereka (ASN di Pemkab Limapuluh Kota. Red) untuk dapat bekerja dengan baik dan jangan kasak-kusuk”. Sebut Irfendi Arbi, kepada wartawan usai dilantik menjadi Bupati Limapuluh Kota periode 2016-2021, oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, atas nama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Rabu (17/2).

Menurut Irfendi, dia dan Buya Feri, sapaan akrab wakil bupati Limapuluh Kota, belum memikirkan urusan mutasi jabatan. Kepada seluruh aparatur, diminta untuk meningkatkan motivasi bekerja sebagai pelayan.Irfendi dan Buya Feri melihat, semenjak adanya masa transisi jabatan, kinerja para aparatur pemimpin SKPD cendrung menurun. “Selama ini kita masih menyimak. Memperhatikan. Setelah hari ini resmi dilantik, saya berharap, tolong, kinerja SKPD didongkrak,” tekan Irfendi Arbi.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang melantik Irfendi-Ferizal Ridwan serta 11 pasang bupati/wako lainnya di Sumbar atas nama Mendagri juga menyerukan, agar Irfendi Arbi dan Ferizal Ridwan bisa bekerja dengan baik. Bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar apalagi Pusat.Irman Gusman, Ketua DPD RI yang hadir dalam acara pelantikan bupati/wako se-Sumatera Barat di Gubernuran kemarin, juga optimis, Limapuluh Kota akan maju di tangan Irfendi-Ferizal. “Kuncinya, semua harus bekerja.Esha Tegar/Awal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *