WABUP H. IRDINANSYAH HADIRI PNPM KECAMATAN LIMA KAUM

 

Batusangkar.OvumNews.Com--Wakil Bupati H. Irdinansyah Tarmizi hadir pada acara rapat kerja Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), selasa (4/11) di Aula Kantor Camat Lima Kaum. Pada kesempatan itu hadir juga Kepala Badan Taskin Kabupaten Tanah Datar, Hernita, Kabag Humas Setda Tanah Datar, Desrizal, Camat Lima Kaum, Yusnen, Fasilitator PNPM Kecamatan Lima Kaum, Dermawan, Wali Nagari se-kecamatan Lima Kaum dan para kader PNPM se-kecamatan lima kaum.
Camat Lima Kaum, Yusnen pada kesempatan itu mengatakan bahwa raker PNPM ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan komitmen bersama para kader PNPM untuk berbuat yang lebih baik dimasa mendatang, selain itu juga untuk mendorong terwujudnya kelembagaan yang partisipatif dan menjadi kader yang kreatif dan inovatif.
Dia juga menyampaikan bahwa PNPM sejak pertama kali ada pada tahun 2007 sampai saat ini PNPM telah mengucurkan dana lebih 10 milyar untuk kecamatan lima kaum, hal ini melalui program kegiatan fisik seperti pembangunan jalan, sarana pendidikan dll, selain itu juga ada yang bersifat non fisik yang semuanya bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat.
Sementara itu PJOK Kecamatan Lima Kaum, Khairunnas menyampaikan bahwa PNPM kecamatan lima kaum selama ini tidak saja memberdayakan masyarakat tetapi juga memberdayakan para kadernya untuk membantu berbagai kegiatan masyarakat seperti ikut bergotong royong bersama dengan masyarakat.
Selain itu kader PNPM kecamatan lima kaum juga sedang merintis usaha kuliner dengan menu minuman dan makanan khas kabupaten tanah datar, yang nantinya diharapkan mampu menjadi salah satu tujuan wisatawan yang datang ke Kabupaten Tanah Datar.
Wakil Bupati Tanah Datar, H. Irdinansyah Tarmizi pada kesempatan itu mengatakan bahwa pemerintah sangat mendukung program PNPM, karena selama ini dirasa sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan ekonomi dan taraf hidup masyarakat, disamping itu juga membantu pemerintah dalam melaksanakan progam pembangunan melalui program-program pengentasan kemiskinan dengan memberikan bantuan usaha simpan pinjam dan masih banyak lagi yang lain.
Terkait dengan adanya wacana bahwa program ini akan segera berakhir, Wabup H. Irdinansyah Tarmizi menyampaikan kepada para kader agar tidak terlalu cemas, karena pemda akan berusaha mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk tetap mempertahankan program-program yang sifatnya untuk membantu mensejahterakan masyarakat.
Kemungkinan itu tetap ada namun program pemberdayaan masyarakat seperti PNPM ini hanya akan berganti nama saja namun program-progamnya tetap untuk kepentingan masyarakat, tambahnya. (Humas.red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *