Wartawan Ikuti Jambore Pers Dan Apel Bela Negara

 

Makasar.Ovumnews.com–Ratusan wartawan dan pimpinan media yang bertugas di provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat mengikuti Jambore Pers 2016 dan dirangkaikan Apel Bela Negara yang laksanakan Yayasan Lembaga Pers Sulawesi Selatan (YLPS2) selama dua hari, Rabu- Kamis ( 28-29 September 2016) yang dibuka Gubernur Sulsel, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.Si, MH, bertempat di Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Makassar provinsi Sulsel.

Gubernur Sulsel, DR H.Syahrul Yasin Limpo menjelaskan ikhtiar dala membangun Sulsel, walaupun cuaca buruk diatas landasan pacu tetapi harus mengudarakan pesawat terbang tetapi cuaca itu harus diterobs demi kepetinga provinsi Sulsel. Cuaca buruk itu ditafsirkan situasi ekonomi global yang tidak kondusif tetapi Sulsel mampu menerobosnya sehingga peningkatan volume komoditi ekspor dan kuliner dengan menganut perinsip dasar” sekali layar berkembang, perpantang surut kepantai.

Ditambah DR.Syahrul Yasin Limpo, kegiatan pembangunan sarana dan prasarana di Sulsel seperti pembangunan rel kereta api, pembangunan bendungan empat titik dan relokasi pelabuhan Soekarno- Hatta termasuk percetakan sawah baru untuk mendukung program swasembada pangan nasional 2017 termasuk pembangunan jalur jalan persimpangan di Mandai itu menjadi fokus utama.

Sementara Presiden Joko Widodo dan Wakil presiden HM.Jusuf Kalla melalui Suratnya berkop Kepresidenan yang ditujukan kepada Ketua Panitia Jambore Pers 2016 dan Apel Bela Negara, Burhanuddin Amin menyambut baik dan mendukung tersebut. Kedua Pemimpin Negara ini mengharapkan agar kegiatan ini sukses, kata Sekretaris Panpel Jambore Pers 216 dan Apel Bela Negara, Hasan Kuba.

Panglima Kodam VII/Wirabuana, Mayjen TNI, Agus Surya Bakti berharap agar kegiatan Apel Bela Negara hendaknya dilakukan secara berkelanjutan guna memantapkan dan menumbuhkembangkan kesadaran dan semangat bela Negara bagi para insan Pers khususnya di wilayah Sulsel.

Pangdam VII/Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti berharap melalui amanat tertulisnya dibacakan Kapendam VII Wirabuana, Kolonel Inf. Drs. Alamsyah, M.Si yang bertindak sebagai Inspektur upacara Apel Bela Negara, yang diikuti ratuasan pesera Jambore Pers 2016 dan Apel Bela Negara bertempat dihalaman Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Makassar, Kamis ( 29/9-2016).

Menurut Pangdam Mayjen TNI Agus Surya Bakti, kegiatan Apel Bela Negara merupakan wahana yang sangat efektif untuk membentuk karakter insan Pers yang berkepribadian, berakhlak mulia dan disiplin serta terampil maupun memiliki semangat bela Negara.

Pangdam Agus Surya Bakti mengutip, pasal 27 ayat (2) UUD 1945 berbunyi bahwa setiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan Negara. Sebagai bukti, tugas bela negara merupakan kewajiban dasar bagi setiap warga negara Indonesia dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab serta rela berkorban demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ditambah Pangdam Agus Surya Bakti, Bela Negara bukan berarti harus memangkul atau mengangkat senjata yang berbaur militeralisme belaka tetapi segala aspek kehidupan terkait dengan terjaganya kedaulatan NKRI sehigga esensinya nantinya dapat diaplikasikan dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya sesuai profesi sebagai insan Pers.0vn03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *