Wisata Air Terjun Ngarai di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Tarab Kab Tanah Datar ,Batusangkar

 

Kotobaru.Ovumnews.com–Adanya Tempat Wisata di Nagari Kotobaru Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Wisata Air Terjun Ngarai. Kami melihat keindahan yang tersembunyi dibalik hutan belantara yang begitu rimbun.

Para pendatang tentunya tidak percaya akan adanya air terjun tersebut jika melihat hutan dan perbukitan yang begitu indah.

Tepat pada pukul 1 siang setelah selesai shalat Dzuhur, anak-anak SD memenuhi janjinya untuk mengajak kami ke air terjun yang belum bisa kami bayangkan rupa dan bentuk keindahannya. Terbayang oleh kami perjalanan yang indah menembus hutan yang belum terjamak oleh tangan jahil manusia.

Hutan yang asri adalah tempat favorit bagi saya yang begitu mencintai ketenangan. Perjalanan kami dimulai, meskipun tanpa persiapan yang matang, karena hati ini telah penuh dengan rasa penasaran dalam beberapa hari ini.

Bagaimana tidak, setiap hari selalu mendapatkan pertanyaan dari warga, apakah kami sudah ke air terjun ngarai? Jika belum, maka belum lengkap rasanya KKN di Nagari yang terletak di kaki Marapi di Nagari Kotobaru Sungai Tarab ungkap anak KKN dari Kota Padang.

Perjalanan dengan ditemani oleh sembilan orang anak-anak SDN 02 Koto Baru. Berjalan dari penginapan kami lewat jalan Nagari yang diperjalanan disuguhkan dengan pepohonan dan batang bambu yang begitu banyak. Mengolah bambu adalah salah satu mata pencarian warga Koto Baru, mulai dari batang yang dimanfaatkan untuk membuat kandang ternak hingga rabung (tunas bambu yang masih kecil) dimanfaatkan oleh warga sebagai bahan makanan. setelah menempuh sekitar 500 Meter perjalanan.

Jalan menuju air terjun Ngarai. terdapat persawahan, hamparan sawahan yang hijau seakan-akan menunjukan kepada kami perjalanan akan indah sampai pada tempat tujuan. Setelah melewati persawahan, kami memasuki hutan yang rimbun.

Jalan setapak pun kami injaki. Pepohonan yang menjulang tinggi, semilir angin berhembus dari arah puncak gunung, ditambah indahnya suara burung menemani perjalanan kami. Makin kedalam, kami makin penasaran. Sekelompok anak-anak yang sudah barang pasti telah hafal jalan menuju air terjun

Melanjutkan mendaki tanpa pikir panjang juga mengikuti tindakan anak-anak tersebut Dalam perjalanan yang cukup panjang, banyak keindahan alam, mulai dari batu janjang.

Sekumpulan batu yang sangat mirip dengan tangga (janjang) yang dibentuk oleh aliran sungai, sungai kecil yang mengalir dan berhulu dari air terjun Ngarai. Tidak percaya akan hal itu, karena bentuk batu yang rapi, persis seperti tangga mengisyaratkan jika batu itu adalah bikinan manusia, namun tidak mungkin juga rasanya jika didalam rimba ini manusia harus bersusah payah mengukir batu yang tidak ada gunanya secara materil dan ekonomis.

Sebagai pendatang yang gila berfoto, mulai dari buah abai sampai ke batu janjang ini, kami selalu berfoto. Fotografer yang handal adalah Haris, teman Saya ini sukanya memoto, tapi tidak suka jika difoto. Dialah yang mengambil gambar kami untuk kenangan dan bukti jika kami pernah kesini.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit, kami akhirnya sampai kepada tujuan yang sebenarnya. Air terjun ngarai, rasa lelah langsung terbayar lunas setelah melihat keindahan iar terjun ini, ditambah suara bunyi gemercik air menimpa bebatuan dibawahnya.

Tanpa pikir panjang kami langsung membasahkan diri dibawah air terjun. Berdiri dibawah air terjun menikmati timpaan air mengenai kepala kami. Bahkan teman saya, Dio mengatakan jika rasa dipijit ketika air menimpa kepala. Dingin, rasa itu yang kami rasakan, air yang begitu jernih serta belum terkontaminasi oleh zat apapun.

Tidak lupa untuk berfoto, mengabadikan setiap moment perjalanan Adanya tiga tempat wisata diNagari tersebut yang sering dikunjungi pemuda setempat air terjun Sarasa.juga AMB Air Menembus Batu .harapan kita kedepan sudah saat nya pemerintah daerah untuk mengebangakan tempat-tempat wisata tersebut demi menunjang perekonomian masyarakat di Tanah Datar Batusangakar.Hasmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *