Mengenal Jenis-Jenis dalam Olahraga Lari

Jakarta. Ovumnews.com–Lari termasuk cabang atletik. Atletik berasal dari Yunani. Dikatakan atletik karena memiliki gerakan dasar yang berubah menjadi kebiasaan sehari-hari. Olahraga lari terbagi menjadi lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah, lari jarak jauh, lari halang rintang dan estafet. Olahraga lari ini merupakan salah satu olahraga termurah dan paling sering dilakukan oleh orang-orang. Tempat yang digunakan pun bisa dimana saja, tidak harus dilapangan, stadion ataupun didalam ruangan. Nah, kali ini kita akan membahas kategori jarak lari, kapan dikatakan lari jarak pendek itu dan kapan lari jarak menengah itu disebut.

Lari Jarak Pendek

Dikatakan lari jarak pendek apabila olahraga ini dilakukan sepanjang 50 sampai 400 meter. Lomba lari jarak pendek ada hal yang perlu diperhatikan yaitu kecepatan. Karena jarak yang ditempuh sangat pendek, maka penilaian dari lari ini adalah kecepatan peserta. siapa yang paling tercepat kegaris finish maka dialah pemenangnya.

Lari Jarak Menengah


Dikatakan lari jarak menengah apabila lari tersebut menempuh jarak 800 samapai 150 meter. Setiap kali ada perlombaan lari, di garis start peserta bersiap. Disanalah peserta akan menempelkan telapak tangannya ke tanah, mata memandang ke depan. Mengayunkan lengan seperlunya, menyondongkan badan kedepan secara vertikal, mengayunkan paha kedepan yang disesuaikan dengan panjang tungkai sambil mengangkat lutut lebih tinggi. Nah, pada lari jarak menengah ini dimana ujung kaki dan tumit menolak tanah menggunakan ujungnya. Pada hitungan ketiga dialkukan dengan cara berdiri. Poin penting pada lari jarak menengah ini adalah saat mendekati finish, pastikan kecepatan lari dipercepat.

Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh yang disebut juga dengan lari marathon. Jarak yang ditempuh dalam lari ini adalah 3000 meter keatas. Perlombaan lari ini dilakukan diluar, biasanya menggunakan jalan umum.

Lari Estafet

Lari sambung menyambung salah satu perlombaan lari yang membutuhkan kekompakan tim. Peserta berlari membawa tongkat, kemudian diputaran pertama pelari memberikan tongkat kepada pelari kedua dan seterusnya. Syarat lari estafet lebih dari satu orang. Nah, saat peserta memberikan tongkat ketemannya ada aturan tersendiri. Jarak yang sering digunakan dalam lari ini adalah 4×100 meter dan 4×400 meter.

Lari Halang Rintang

Lomba lari untuk halang rintang ini memang tidk begitu banyak diketahui orang umum. Jarak tempuh lari 3000 meter. Saat berlari, peserta mendapatkan banyak halangan dan rintangan. Jika dilihat dari lri yang satu ini memang harus memiliki kecepatan lari yang super cepat, tetapi mampu bertahan berlari cepat sepanjang 5000 meter ditambah kemampuan untuk melawan rintangan yang telah disiapkan.

Itulah jenis-jenis dalam olahraga lari yang patut Anda coba, siapa tahu Anda menjadi salah satu peserta atlet lari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *