Bupati Solok Selatan Dipanggil Kejati Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara.

 

Sumbar. Padang.Solsel Ovumnews.com. Terkait Dugaan Korupsi Pengunaan lahan hutan Negara tampa Izin,

Bupati Solok Selatan Khairunas dipanggil Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat bersama kelompok tani yang dikelola adik iparnya diduga menggunakan lahan hutan negara dengan menanam sawir seluas 650 hektar di daerah itu tanpa Hak Guna Usaha (HGU).

“Benar. Surat panggilan sudah kita kirimkan. Kita jadwalkan Rabu (8/5/2024) besok pemeriksaannya,” kata Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sumbar Hadiman yang dihubungi media, Hadiman mengatakan kasus itu berawal dari adanya laporan masyarakat pada Maret 2024 lalu.

Dalam laporan tersebut disebutkan ada sekitar 650 hektare lahan hutan negara di Solok Selatan yang ditanami pohon sawit sehingga berpotensi menimbulkan kerugian negara.

Kemudian 18 April 2024, Kajati Sumbar mengeluarkan Surat Perintah Penyelidikan terhadap dugaan itu. “Hingga saat ini sudah kita periksa 13 orang saksi mulai dari kelompok tani, Organisasi Perangkat Daerah hingga Sekda Solok Selatan,” jelas Hadiman.

Pemeriksaan terhadap Khairunnas, wali nagari dan satu orang dari organisasi perangkat daerah.

Hadiman mengatakan pihaknya terus mengembangkan kasus untuk mencari dua alat bukti. “Kalau sudah ada dua alat bukti, kasus tentunya kita tingkatkan ke tahap penyidikan,” jelas Hadiman. Tim hs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OvumNews