Pesawat Tempur Jatuh di Riau TNI AU Akan Investigi

Riau Ovumnews.com—Pesawat tempur yang jatuh akan dinvestigasi ,Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Fadjar Prasetyo, mengatakan investigasi tersebut diharapkan dapat mengungkap penyebab kecelakaan.

Kita akan laksanakan investigasi selama dua minggu. Kami membutuhkan waktu yang nantinya diharapkan dapat menemukan jawaban penyebab kecelakaan ini,” tuturnya, sebagaimana dikutip wartawan Dina Febriastuti yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

Dia menambahkan, TNI AU akan bertanggung jawab terhadap dua rumah yang kejatuhan pesawat. Saya menyampaikan permintaan maaf kepada pemilik rumah. Saya ingin menyampaikan juga bahwa TNI Angkatan Udara dalam hal ini Lanud Roesmin Nurjadin akan bertanggung jawab,” katanya.

Marsekal Fadjar Prasetyo menjelaskan bahwa pesawat yang jatuh sebelumnya melaksanakan latihan penembakan.Namun, menjelang pendaratan di Lanud Roesmin Noerjadin, sang pilot melaporkan terjadi keanehan pada mesinnya.

Kira-kira dua kilometer dari ujung landasan, dengan ketinggian mungkin sekitar lima ratus feet ya di atas udara, si penerbang melaporkan bahwa ada suara yang aneh diikuti dengan lampu peringatan. Ya, jadi ada sesuatu yang tidak benar pada mesinnya. Lalu juga dilanjutkan mesin pesawat itu kehilangan tenaga,” paparnya.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU, Marsekal Pertama Fajar Adriyanto, mengatakan tidak ada korban jiwa” dalam peristiwa itu.

Pesawat yang jatuh adalah Hawk 209 kursi tunggal dengan nomor registrasi TT-0209. Pilot pesawat adalah Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru. Saat ini sang pilot sedang dirawat di RSAU dr. Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru.

Dalam laporan kecelakaan tidak ada korban jiwa. Karena memang tidak mengenai rumah secara langsung. Tapi hanya sekitar perumahan. Itu di daerah tiga sampai empat kilometer dari ujung runway  Lanud TNI AU Roesmin Noerjadin,” tutur Marsma Fajar Adriyanto seperti diris dari bbc BC News Indonesia.

Dia menambahkan, pesawat kehilangan tenaga saat mau mendarat di ujung landasan pacu.

Penerbangan ini mulai tadi pagi, ketika akan kembali mendarat, terjadi permasalahan. Kemudian pesawat akan jatuh, pilot memutuskan untuk eject [melontarkan diri keluar kokpit],” imbuh Marsma Fajar Adriyanto.

Menurutnya, “kondisi pesawat baik”.

Riwayat pemeliharaan juga terjadwal. Kemudian ini adalah operasi rutin. Sudah terjadwal,” ujar Marsma Fajar Adriyanto.

Hak atas foto Antara Image caption (Foto ilustrasi) Pesawat tempur Hawk 100/200 usai terbang dalam latihan Maverick di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, 2019 lalu.

Kepala Penerangan Landasan Udara TNI AU Roesmin Noerjadin, Letkol Zukri, mengatakan kepada BBC News Indonesia bahwa insiden terjadi pada pukul 08.30 WIB.

Lokasi kejadian, sebagaimana dilaporkan Kompas TV, berjarak sekitar lima kilometer dari Lanud TNI AU Roesmin Noerjadin. “Dengan mengendarai sepeda motor, hanya memakan waktu delapan hingga 10 menit,” kata wartawan Kompas TV dalam siaran langsung.

Sementara itu, kantor berita Antara telah mewawancarai seorang saksi mata yang mengaku pesawat jatuh sekitar 500 meter dari rumahnya.

“Iya ada pesawat jatuh jaraknya sekitar 500 meter dari rumah saya. Pesawat jatuh di rumah warga yang bernama Markun. Belum jelas apakah ada korban karena rumah itu biasanya kosong karena pemiliknya jarang di rumah,” kata seorang saksi mata yang tidak mau identitasnya disebutkan, kepada Antara.

Saat kejadian, ia mengatakan terdengar ledakan keras dan seorang berbaju seperti pilot TNI AU melayang di udara dengan parasut.Saya kira sedang ada latihan terjun payung, ternyata ada pesawat jatuh,” katanya.

Warga tersebut mengatakan lokasi tempat kejadian perkara sudah diblokade oleh sejumlah personel TNI AU.hs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OvumNews