Dua Terpidana Korupsi Jalan Tol Padang Sicincin di Eksekusi Kejati Sumbar.

 

Sumbar.Padang.Ovumnews.com– Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) akhirnya mengeksekusi dua terpidana dalam perkara korupsi pengadaan lahan tol Padang-Sicincin pada Jumat (14/7) sore.

Kedua terpidana yang dieksekusi oleh Kejaksaan tersebut adalah Jumadi dan Upik Suryati yang berlatar belakang sebagai pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumbar.

Eksekusi ini dilakukan berdasarkan putusan kasasi Mahkamah Agung RI yang menyatakan kedua terpidana bersalah,” ungkap Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Asnawi, di Padang, Jumat.

Ia mengatakan para terpidana yang datang dengan koperatif langsung dijebloskan ke penjara untuk menjalani masa hukuman sesuai dengan putusan MA yaitu lima tahun.

Selain hukuman penjara, MA juga menghukum ketiganya dengan pidana denda sebesar Rp200 juta subsider enam bulan kurungan.

Usai menjalani proses administrasi di Kantor Kejati Sumbar di Padang, keduanya langsung digiring menuju Lapas Muaro Kelas II A Padang dan LPP Kota Padang.

Saat ditanyai tentang terpidana lainnya, mengingat jumlah terpidana dalam perkara korupsi pengadaan lahan tol Padang-Sicincin adalah 13 orang, Asnawi mengatakan akan segera dilakukan.

“Secepatnya kami akan mengeksekusi terpidana lain dalam perkara ini sesuai dengan putusan Mahkamah Agung, kami minta para terpidana bersifat koperatif dan menyerahkan diri,” jelasnya.

Para tersangka dalam perkara itu berjumlah 13 orang yakni Syamsuardi, Buyung Kenek, Yuniswan, Khaidir, Sabri Yuliansyah, Raymon, Husen, Syamsul Bahri, Nazaruddin, Syafrizal, Upik, Riki Nofaldo, dan Jumadil.

Mereka berasal dari berbagai latar belakang mulai dari warga penerima ganti rugi, aparatur pemerintahan daerah, aparatur pemerintahan nagari, serta pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN)

Semua terdakwa awalnya divonis bebas oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Padang, beberapa orang di antaranya terjadi perbedaan pendapat hakim (disenting opinio).

Atas putusan tersebut akhirnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Negeri Pariaman dan Kejati Sumbar mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung RI.

Kasasi JPU akhirnya diterima oleh MA dan majelis hakim menyatakan belasan terdakwa itu bersalah dan menjatuhkan hukuman yang berbeda-beda untuk masing-masing terdakwa.(Tim )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

OvumNews